Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISA STRATEGI PEMASARAN PRODUK DAUR ULANG PLASTIK MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN METODE QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX) DI DALANG COLLECTION

Tengku Eva Yunita, - (2019) ANALISA STRATEGI PEMASARAN PRODUK DAUR ULANG PLASTIK MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN METODE QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX) DI DALANG COLLECTION. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. KATA PENGANTAR.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB II LANDASAN TEORI.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17. BAB IV PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
18. BAB V ANALISA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img]
Preview
Text
19. BAB VI PENUTUP.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
20. DAFTAR PUSTAKAA.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Daur ulang sampah merupakan salah satu cara untuk mengurangi pencemaran lingkungan dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Dalang Collection merupakan usaha yang memproduksi produk daur ulang plastik. Permasalahan yang sering dihadapi Dalang Collection adalah masih banyak masyarakat yang kurang minat menggunakan produk daur ulang plastik, terjadinya penurunan jumlah konsumen dikalangan masyarakat akibat semakin banyaknya pesaing, kurangnya promosi yang dilakukan Dalang Collection sehingga banyak yang tidak mengetahui keberadaan Dalang Collection. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi strategi pemasaran dan merancang strategi pemasaran yang paling efektif dalam upaya meningkatkan penjualan produk daur ulang sampah pada Dalang Collection. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi perlu melakukan strategi pemasaran dengan menggunakan metode SWOT dan QSPM. Penentuan strategi diterapkan melalui tahap input dilakukan dengan menggunakan metode Matriks Evaluasi Faktor Internal (IFE) dan Matriks Evaluasi Faktor Eksternal (EFE). Pada matriks IFE didapatkan total skor sebesar 2,714, sedangkan pada Matriks EFE didapatkan skor sebesar 2,998. Tahap pencocokan dengan metode Matriks IE dan Matriks SWOT. Matriks IE menggunakan skor yang didapatkan pada matriks IFE dan Matriks EFE menunjukkan bahwa Dalang Collection berada di sel V, dengan strategi yang dapat digunakan yaitu menjaga dan mempertahankan. Matriks SWOT menghasilkan 9 alternatif strategi yang dapat digunakan Dalang Collection. Berdasarkan matriks QSPM alternatif strategi yang paling diusulkan dan diprioritaskan adalah ikut kegiatan pameran - pameran di mall, pameran diluar maupun dalam negeri dengan skor TAS sebesar 5,998. Kata Kunci: Pemasaran, Matriks IFE, Matriks IFE EFE, Matriks SWOT, Matriks QSPM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, Matriks IFE, Matriks IFE EFE, Matriks SWOT, Matriks QSPM
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 30 Sep 2019 02:03
Last Modified: 30 Sep 2019 02:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20878

Actions (login required)

View Item View Item