Tengku Eva Yunita, - (2019) ANALISA STRATEGI PEMASARAN PRODUK DAUR ULANG PLASTIK MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN METODE QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX) DI DALANG COLLECTION. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. Cover.pdf Download (605kB) | Preview |
|
|
Text
3.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
8. KATA PENGANTAR.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB II LANDASAN TEORI.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text
16. BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
17. BAB IV PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
18. BAB V ANALISA.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
||
|
Text
19. BAB VI PENUTUP.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
20. DAFTAR PUSTAKAA.pdf Download (17kB) | Preview |
Abstract
Daur ulang sampah merupakan salah satu cara untuk mengurangi pencemaran lingkungan dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Dalang Collection merupakan usaha yang memproduksi produk daur ulang plastik. Permasalahan yang sering dihadapi Dalang Collection adalah masih banyak masyarakat yang kurang minat menggunakan produk daur ulang plastik, terjadinya penurunan jumlah konsumen dikalangan masyarakat akibat semakin banyaknya pesaing, kurangnya promosi yang dilakukan Dalang Collection sehingga banyak yang tidak mengetahui keberadaan Dalang Collection. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi strategi pemasaran dan merancang strategi pemasaran yang paling efektif dalam upaya meningkatkan penjualan produk daur ulang sampah pada Dalang Collection. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi perlu melakukan strategi pemasaran dengan menggunakan metode SWOT dan QSPM. Penentuan strategi diterapkan melalui tahap input dilakukan dengan menggunakan metode Matriks Evaluasi Faktor Internal (IFE) dan Matriks Evaluasi Faktor Eksternal (EFE). Pada matriks IFE didapatkan total skor sebesar 2,714, sedangkan pada Matriks EFE didapatkan skor sebesar 2,998. Tahap pencocokan dengan metode Matriks IE dan Matriks SWOT. Matriks IE menggunakan skor yang didapatkan pada matriks IFE dan Matriks EFE menunjukkan bahwa Dalang Collection berada di sel V, dengan strategi yang dapat digunakan yaitu menjaga dan mempertahankan. Matriks SWOT menghasilkan 9 alternatif strategi yang dapat digunakan Dalang Collection. Berdasarkan matriks QSPM alternatif strategi yang paling diusulkan dan diprioritaskan adalah ikut kegiatan pameran - pameran di mall, pameran diluar maupun dalam negeri dengan skor TAS sebesar 5,998. Kata Kunci: Pemasaran, Matriks IFE, Matriks IFE EFE, Matriks SWOT, Matriks QSPM
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran, Matriks IFE, Matriks IFE EFE, Matriks SWOT, Matriks QSPM |
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri |
Depositing User: | Ari Eka Wahyudi |
Date Deposited: | 30 Sep 2019 02:03 |
Last Modified: | 30 Sep 2019 02:03 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20878 |
Actions (login required)
View Item |