Dian Puspita Sari, - (2019) USULAN KONSEP RUANG KELAS YANG KONDUSIF UNTUK ANAK TUNAGRAHITA MENGGUNAKAN METODE COQNITIVE FAILURE QUESTIONNAIRE (CFQ) (STUDI KASUS: SLB NEGERI PEMBINA PEKANBARU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
pengesahan.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak fix.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
9. KATA PENGANTARRRr.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text
10. DAFTAR ISI.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
BISMILLAH BAB 1 FIX.pdf Download (714kB) | Preview |
|
|
Text
BISMILLAH BAB 2 FIXX.pdf Download (612kB) | Preview |
|
|
Text
BISMILLAH BAB 3 FIX.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text
BISMILLAH BAB 4 FIXX.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BISMILLAH BAB 5 FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (420kB) |
||
|
Text
BISMILLAH BAB 6 FIX.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (255kB) | Preview |
Abstract
Ruang kelas anak tunagrahita di SLB Negeri Pembina Pekanbaru khusunya tingkat SMP belum memperhatikan dari segi ergonomi kognitif yang melibatkan kenyamanan dalam ruangan. Hal ini dapat dilihat dari keluhan siswa saat berada didalam ruang kelas tersebut karena bergabung dengan ruang tata boga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan usulan perbaikan konsep ruang yang memperhatikan ergonomi kognitif dalam desainnya. Penelitian ini menggunakan metode coqnitive failure questionnaire (CFQ) dimana metode ini berfungsi untuk mengetahui tingkat kognitif anak tunagrahita saat menggunakan ruang kelas tersebut saat proses belajar. Dari hasil penyebaran kuesioner CFQ tersebut didapatkan kegagalan kognitif yang dialami oleh anak tunagrahita berada di dua kategori yaitu kategori sedang dengan kategori tinggi. Kegagalan kognitif dengan kategori sedang sebanyak 37,5% dan kategori tinggi sebanyak 62,5%. Usulan perbaikan konsep ruang kelas yang diberikan berbentuk desain 3D dengan pertimbangan berupa luas ruangan yang ideal, ventilasi dan jendela, pencahayaan yang baik, kursi dan meja yang ergonomis, lemari buku serta konsep pemilihan warna kelas yaitu biru dan kuning. Hasil usulan diharapkan mampu meningkatkan kognitif dan fokus anak tunagrahita didalam ruang kelas. Kata kunci: Ergonomi Kognitif, Coqnitive Failure Questionnaire, Antropometri, Luas Ruangan, Konsep Warna
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ergonomi Kognitif, Coqnitive Failure Questionnaire, Antropometri, Luas Ruangan, Konsep Warna |
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri |
Depositing User: | Ari Eka Wahyudi |
Date Deposited: | 27 Sep 2019 08:11 |
Last Modified: | 27 Sep 2019 08:11 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20861 |
Actions (login required)
View Item |