Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Kontribusi Buya Haji Zaini Kunin (1922-1994) Dalam Pengembangan Pendidikan Islam di Provinsi Riau

M. Ali Noer (2018) Kontribusi Buya Haji Zaini Kunin (1922-1994) Dalam Pengembangan Pendidikan Islam di Provinsi Riau. Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. 201824DPAI_COVER.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 201824DPAI_PENGESAHAN M. ALI NOER.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 201824DPAI_KATA PENGANTAR.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 201824DPAI_DAFTAR ISI.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 201824DPAI_ABSTRAK.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 201824DPAI_BAB I.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 201824DPAI_BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 201824DPAI_BAB III.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text
9. 201824DPAI_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. 201824DPAI_BAB V.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 201824DPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (392kB) | Preview

Abstract

Kontribusi pemikiran Buya Haji Zaini Kunin dalam pengembangan pendidikan Islam di Provinsi Riau dapat dilihat dari konsep-konsepnya tentang pendidikan Islam dan penerapannya pada Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Riau, yang mencakup : (1) pengertian pendidikan Islam dan sistem pendidikan Islam, (2) tujuan, fungsi dan sasaran pendidikan Islam, (3)kurikulum pendidikan Islam, (4) pendidik, atau guru atau dosen, (5)peserta didik atau siswa atau mahasiswa, (6) metode pendidikan dan lembaga pendidikan. Pengertian pendidikan Islam menurutnya adalah proses belajar mengajar sebagai sarana untuk mengembangkan potensi dan kemampuan serta kecerdasan akal atau rasio peserta didik, agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa yang sempurna (insan kamil) yang dapat menjadi rahmat bagi sekalian makhluk (rahmatan lil alamin), yang dilakukan oleh orang dewasa yang beragama Islam yang memiliki pengetahuan tentang Islam, baik oleh guru/dosen maupun orang tua atau orang lain, baik di rumah atau lingkungan sosial maupun di lembaga pendidikan Islam, berlandasankan nilai-nilai ajaran Islam berdasarkan al-Qur’an dan Hadis. Tujuan, fungsi dan sasaran pendidikan Islam menurutnya adalah : untuk mengembangkan potensi, kemampuan dan kecerdasan akal atau rasio peserta didik, agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa yang sempurna (insan kamil) yang dapat menjadi rahmat bagi sekalian makhluk (rahmatan lil alamin). Kurikulum pendidikan Islam menurutnya: (1) bersifat utuh (syumuliyah), (2) terpadu/integral, (3) kesinambungan, (4) keaslian, (5) bersifat ilmiah, (6) bersifat praktis, (7)kesetiakawanan dan keterbukaan, (8) prioritas dalam tindakan, (9) kerjasama. Pendidik, atau guru adalah orang tua atau orang dewasa yang bertanggungjawab dalam memberikan pendidikan melalui bimbingan, pembinaan, pelatihan, motivasi dan semangat kepada anak-anak didiknya agar giat belajar. Metode pendidikan menurut Buya Haji Zaini Kunin : (1) metode keteladanan (uswat al-hasanah), (2) metode pembiasaan, (3) metode diskusi, latihan dan pengalaman, dan (4) metode disiplin dan pemberian hukuman/ sanksi. Lembaga pendidikan Islam yang dibangun oleh Buya Haji Zaini Kunin yang dapat mewadahi dan memfasilitasi semua komponen pendidikan melalui Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Riau sebagai yayasan yang berbadan hukum dengan Akte Notaris Nomor: 10/1957, Akte Notaris Nomor : 19/1962, Akte Notaris Nomor : 15/1972 dan Akte Notaris Nomor : 5/1990, yang menaungi lembaga pendidikan : TK Islam, SD Islam, SMP Islam, SMA Islam, dan Universitas Islam Riau. Konstribusi pemikiran Buya Haji Zaini Kunin dalam pengembangan manajemen pendidikan Islam di Provinsi Riau dan penerapannya pada YLPI Riau : dimulai dari pentingnya manajemen pembangunan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas melalui pendidikan Islam dan lembaga-lembaga pendidikan Islam yang ditata dan dikelola dengan manajemen yang baik agar tujuan pendidikan Islam dapat dicapai secara efektif dan efisien agar mampu menghasilkan dan mempersiapkan SDM yang berkualitas serta mencetak kader-kader ulama dan tenaga ahli yang mengusasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam menata dan mengelola suatu lembaga pendidikan Islam, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu : (1) perencanaan, (2) pendanaan/dana yang tersedia, (3)tenaga pelaksana/sumber daya manusia (SDM) yang ahli dan terampil, dan (4) rasa tanggungjawab setiap pribadi yang terkait. Faktor-faktor yang melatar belakangi pemikiran Buya Haji Zaini Kunin berkonstribusi dalam pengembangan pendidikan Islam dan manajemen pendidikan Islam di Provinsi Riau, dan penerapannya pada YLPI Riau, mencakup : latar belakang lingkungan keluarga dan cita-cita, latar belakang pendidikan, tingkat ilmu pengetahuan, lingkungan pendidikan dan guru-guru yang mendidiknya, wawasan dan pemahaman keislaman, situasi dan kondisi sosial politik dan faktor yang paling utama adalah orang terdekat (HM. Natsir), keikhlasan Buya Haji Zaini Kunin berjihad dengan jiwa dan hartanya dalam bidang pendidikan dan dakwah sehingga membuka pintu langit dan membangkitkan kesadaran yang di bumi. Kata Kunci : Konstribusi, Buya Zaini, Pengembangan Pendidikan Islam

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 27 Sep 2019 02:57
Last Modified: 27 Sep 2019 02:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20808

Actions (login required)

View Item View Item