Riska Mala Syari (2018) Pengembangan Buku Ajar Bahasa Arab Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Madrasah Tsananawiyah Se-Kecamatan Tebing Tinggi. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 2018231TPBA_Cover.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text
2. 2018231TPBA_Pengesahan.pdf Download (563kB) | Preview |
|
|
Text
3. 2018231TPBA_Kata Pengantar.pdf Download (490kB) | Preview |
|
|
Text
4. 2018231TPBA_Daftar Isi.pdf Download (559kB) | Preview |
|
|
Text
5. 2018231TPBA_Abstrak.pdf Download (590kB) | Preview |
|
|
Text
6. 2018231TPBA_BAB I.pdf Download (733kB) | Preview |
|
|
Text
7. 2018231TPBA_BAB II.pdf Download (821kB) | Preview |
|
|
Text
8. 2018231TPBA_BAB III.pdf Download (930kB) | Preview |
|
Text
9. 2018231TPBA_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text
10. 2018231TPBA_BAB V.pdf Download (598kB) | Preview |
|
|
Text
11. 2018231TPBA_DAftar Pustaka.pdf Download (516kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah pengelitian R&D yang didasarkan pada asumsi bahwa buku ajar bahasa Arab mempunyai peran yang besar untuk Madrasah Tsanawiyah. Siwa mulai mempelajarinya sejak kelas satu dengan menggunakan buku siswa bahasa arab kurikulum 2013 yang disusun oleh Zainal Muttaqi, Momon Mujiburrahman, dan Faruq Bahruddin. buku ini merupakan buku utama yang dipakai pada pembelajaran bahasa Arab disetiap Madrasah Tsanawiyah, namu terdapat beberapa kekurangan. Seperti penyajian materi belum terintegrasi dengan pendidikan karakter, belum menitik beratkan kepada pengucapan huruf arab yang benar, animasi yang digunakan kurang menarik. Hal ini kurang sesuai deangan tujuan kurikulum 2013 yaitu mengintegrasikan antara religius, sikap, pengetahuan dan keterampilan. Karena itu peneliti mengembangkan dan mendesain buku ini. Berdasarkan latar belakang peneliti merumuskan penelitian ini 1)mengetahui cara mengembangkan buku ajar bahasa Arab berbasis pendidikan karakter 2) Mengetahui hasil uji prodak yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan Pengembangan dengan model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari 10 Langkah. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, angket dan latihan, sehingga data yang didapatkan adalah jenis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terdiri dari pengembangan kitab melalui 10 langkah Borg & Gall yaitu : analisis kebutuhan, rancangan, desain produk, validasi pakar, revisi, percobaan pertama, revisi percobaan kedua, revisi akhir, produk akhir dan produk ini layak digunakan berdasarkan angket dari pakar desain 85,1 % (Sangat Baik), pakar isi materi 92,9% (Sangat Baik), guru bahasa Arab se-kecamtan tebing tinggi 97 % (Sangat Baik). Kitab ini dikembangkan dengan beberapa komponen yang berdasarkan dari komponen materi ajar yang baik, mecantumkan pembentukan pendidikan karakter diambil dari buku-buku pendidikan karakter, contoh diambil dari beberapa kitab nahwu lain yang sesuai dengan materi dan mencantumkan nasehat-nasehat arab bersumber dari beberapa ayat alquran dan hadist. Buku bahasa Arab ini ini layak digunakan dan telah disesuaikan dengan kebutuhan siswa dalam pembelajaran ilmu nahwu. Dan telah dilakukan pengujian untuk penggunaan dalam pembelajaran dengan hasil efektif . Kata kunci: Pengembangan, Buku Ajar Bahasa Arab, Pendidikan Karakter
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 25 Sep 2019 02:56 |
Last Modified: | 25 Sep 2019 02:56 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20692 |
Actions (login required)
View Item |