Fajril Anwar Ahda (2018) Rekrutmen Tenaga Pendidik dan Kependidikan dalam Sistem Pendidikan Nasional (Studi terhadap Undang-Undang No. 20 Tahun 2003). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 2018226TMPI_COVER.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
2. 2018226TMPI_PENGESAHAN.pdf Download (439kB) | Preview |
|
|
Text
3. 2018226TMPI_KATA PENGANTAR.pdf Download (523kB) | Preview |
|
|
Text
4. 2018226TMPI_DAFTAR ISI.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
5. 2018226TMPI_ABSTRAK 3 BAHASA.pdf Download (476kB) | Preview |
|
|
Text
6. 2018226TMPI_BAB I.pdf Download (577kB) | Preview |
|
|
Text
7. 2018226TMPI_BAB II.pdf Download (779kB) | Preview |
|
|
Text
8. 2018226TMPI_BAB III.pdf Download (347kB) | Preview |
|
Text
9. 2018226TMPI_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (558kB) |
||
|
Text
10. 2018226TMPI_BAB V.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
11. 2018226TMPI_DAFTAR PUSTAKA TESIS.pdf Download (480kB) | Preview |
Abstract
Rekruitmen adalah suatu proses dalam mencari dan menemukan calon tenaga kerja baru yang sesuai dengan kebutuhan suatu organisasi. Dalam pelaksanaan rekruitmen tenaga pendidik, terdapat beberapa masalah yang sering terjadi yaitu masalah perencanaan yang kurang matang. Kemudian dari segi waktu dalam penginformasiaan adanya rekruitmen tenaga pendidik terlalu singkat sehingga akan menyulitkan pelamar yang akan melamar. Permasalahan lain juga terjadi pada saat penentuan persyaratan tenaga pendidik yang tidak selalu berdasarkan latar belakang pendidikan/akademis pelamar, namun ada hal-hal lain yang menjadi kualifikasi utama bagi kepala sekolah dalam merekrut tenaga pendidiknya sehingga sangat berbeda dengan komponen-komponen pendidikan yang secara khusus diatur dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 mengatur tentang pendidik. Tenaga pendidik memiliki peran strategis dalam pembangunan pendidikan.Tenaga pendidik yang berkualitas akan dapat mendidik siswanya secara profesional dan pada akhirnya akan menghasilkan siswa yang berkualitas pula. Input yang baik akan menghasilkan output yang baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Menganalisis dan mengetahui proses rekrutmen tenaga pendidik dan kependidikan dalam sistem penddikan Nasional; (2) Menganalisis dan mengetahui manfaat profesionalitas dalam rekrutmen tenaga pendidik bagi sistem pendidikan Nasional. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pustaka (library research) yang bersifat deskriptif yaitu penelitian yang diarahkan untuk memberikan gejala-gejala, fakta-fakta, atau kejadian-kejadian secara sistematis dan akurat, menggunakan dengan data-data pustaka sebagai sumber referensi dalam menjawab masalah penelitian. Penelitian ini juga merupakan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari berbagai sumber pustaka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data berupa kata-kata, dan tindakan, selebihnya adalah data tambahan seperti dokumen dan sebagainya. Teknik analisa yang penulis gunakan adalah content analisis yang bersifat induktif, yaitu suatu upaya untuk menarik kesimpulan dengan menganalisis data yang khusus menjadi umum dengan berupaya melahirkan kesimpulan yang baik dan bermutu secara deskriptif dan filosofis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Rekrutmen tenaga pendidik dan kependidikan harus sesuai dengan Undang-Undang dalam sistem pendidikan nasional dan memenuhi standar Nasional diantaranya bahwa, Tenaga Pendidik merupakan pilar utama dalam upaya mewujudkan kulitas pendidikan. Diantara komponen-komponen pendidikan, pendidik secara khusus diatur dalam sebuah ketentuan perundangundangan. Menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 mengatur tentang pendidik pasal 1 ayat 5 dan 6 dan juga pasal 42 ayat 1 dan 2; (2) Manfaat profesionalitas rekrutmen tenaga pendidik dan kependidikan diantaranya, dapat memberikan kepercayaan kepada masyarakat tentang kualitas tenaga pendidik dan kependidikan serta meningkatkan motivasi kerja secara kelembagaan. Kata kunci: Rekrutmen, Tenaga Pendidik dan Kependidikan, Sistem Pendidikan Nasional
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 25 Sep 2019 02:40 |
Last Modified: | 25 Sep 2019 02:40 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20685 |
Actions (login required)
View Item |