Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PELAYANAN TERHADAP MINAT MASYARAKAT DALAM MENGGUNAKAN DANA BUMDES (BADAN USAHA MILIK DESA) DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Kampung Pinang Sebatang Barat Kecamatan Tualang Kabupaten Siak)

WISI ANGGELA (2017) PENGARUH PELAYANAN TERHADAP MINAT MASYARAKAT DALAM MENGGUNAKAN DANA BUMDES (BADAN USAHA MILIK DESA) DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Kampung Pinang Sebatang Barat Kecamatan Tualang Kabupaten Siak). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (723kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (652kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Wisi Anggela (2017): Pengaruh Pelayanan terhadap Minat Masyarakat dalam Menggunakan Dana BUMDes ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam (studi Kasus Kampung Pinang Sebatang Barat Kecamatan Tualang Kabupaten Siak) Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya dana yang tersedia pada BUMDes Tuah Negeri akan tetapi dari jumlah penduduk sebesar 5416 jiwa hanya 307 orang yang menggunakan dana tersebut. Pelayanan yang diberikan BUMDes merupakan faktor yang penting dalam menarik minat masayarakat. Oleh sebab itu maka peneliti bertujuan untuk meneliti bagaimana pengaruh pelayanan terhadap minat masyarakat dalam menggunakan dana BUMDes dan bagaimana pengaruh pelayanan terhadap minat masyarakat dalam menggunakan dana BUMDes ditinjau dari perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Dengan subjek sebanyak 317 orang yang terdiri dari pengelola dan nasabah BUMDes sedangkan objeknya adalah pengaruh pelayanan terhadap minat masyarakat dalam menggunakan dana BUMDes ditinjau dari perspektif ekonomi Islam. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 317 orang dan mengambil sampelnya sebanyak 78 orang yang terdiri dari 3 orang pengurus dan 75 orang nasabah. Sumber data dari penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan datanya terdiri dari: kuesioner, wawancara, dokumentasi dan observasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif yaitu dengan melakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisi regresi, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara pelayanan dan minat masyarakat dalam menggunakan dana BUMDes. Hal ini dapat dilihat dari nilai korelasi sebesar 0,322. Besarnya koefisien determinasinya adalah sebesar 0,103 berarti pengaruh pelayanan terhadap minat masyarakat dalam menggunakan dan BUMDes adalah sebesar10,3% sedangkan 89,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel pelayanan terhadap minat masyarakat dalam menggunakan dana BUMDes. Hal ini dapat dilihat dari t hitung (2,901) > ttabel (1,993) dengan signifikansi 0,005 < 0,05. Artinya variabel independent berpengaruh signifikan terhadap varibel dependent. Dalam Islam Menjaga dan meningkatkan pelayanan termasuk salah satu tanggung jawab sebagai pekerja dan termasuk salah satu perbuatan baik. Kualitas hasil pekerjaan yang merupakan “out-put” kerja, itulah yang akan dinilai oleh konsumen/nasabah sejauh mana keberhasilan pengelola melayani konsumen/nasabahnya. Dari penelitian ini dapat dinyatakan bahwa pelayanan pada BUMDes Tuah Negeri telah sesuai dengan syariah yang dapat dilihat dari aspek reliabilty (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), emphaty (empati).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 19 Sep 2019 09:16
Last Modified: 19 Sep 2019 09:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20450

Actions (login required)

View Item View Item