Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI PEMASARAN PRODUK KAOS PLATBM DI JALAN GARUDA SAKTI KM 1 PEKANBARU DI TINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM

RARA ANGGARA (2017) STRATEGI PEMASARAN PRODUK KAOS PLATBM DI JALAN GARUDA SAKTI KM 1 PEKANBARU DI TINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Rara Anggara (2017) : Strategi Pemasaran Produk Kaos PlatBM Jalan Garuda Sakti Km 1 Pekanbaru Di Tinjau Menurut Ekonomi Islam”. Penulisan skripsi ini dilatar belakangi adanya strategi pemasaran yang dikenal dengan bauran pemasaran yang tidak sepenuhnya dilakukan oleh produsen kaos PlatBM Pekanbaru. Menurut Sofyan Assauri bauran pemasaran merupakan satu kesatuan yang tidak bisa terpisahkan dan saling berhubungan untuk mencapai tujuan dari suatu usaha/perusahaan Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimana strategi pemasaran produk kaos PlatBM Pekanbaru di jalan garuda sakti km1 Pekanbaru, dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam tentang strategi pemasaran yang dijalankan oleh produsen kaos PlatBM Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Sumber data terdiri dari sumber data primer dari pimpinan, karyawan dan konsumen, sumber data sekunder berasal dari buku dan dokumen. Kemudian di analisis menggunakan analisis deskriptif kualitataif. Adapun hasil penelitian yang penulis lakukan adalah, bahwa temuan yang penulis dapatkan adanya strategi pemasaran tersendiri yang dilakukan oleh produsen kaos PlatBM dalam memasarkan produknya baik dari segi produk (product), tempat (place), harga (price) dan promosi (promotion). Seperti: mengangkat dengan desain nuansa kedaerahan Melayu Riau baik itu tempat wisata, makanan khas setiap daerah, dan pepatah-pepatah Melayu Riau yang membuat mereka berbeda dengan produk kaos lainnya, memberikan harga yang layak dan terjangkau, ikut serta dalam pameran usaha mikro yang di adakan oleh Pemerintah dan mendistribusikan produknya pada tempat-tempat tertentu. Dan strategi pemasaran menurut ekonomi Islam yang mereka jalankan ialah mempromosikan produknya dengan cara menyakinkan konsumen dengan pemalsuan informasi terhadap kualitas barang dan informasi. Adapun dari tinjauan ekonomi Islam terhadap strategi pemasaran yang dilakukan oleh kaos PlatBM Pekanbaru adalah, (1) produk yang dibuat tidak ada indikasi larangan atau keharaman dari bahan baku kain atau bahan lainnya yang digunakan, (2) harga ii yang di tawarkan pada konsumen dapat dijangkau, (3) berkenaan dengan tempat usaha kaos PlatBM sulit dijangkau/ditemui karna jauh dari pusat kota dan keramaian, dan (4) segi promosi usaha produk kaos PlatBM belum sepenuhnya sesuai dengan sistem ekonomi Islam, karna mereka tidak maksimal dalam berupaya untuk meningkatkan penjualan, melakukan promosi palsu, dan menyatukan barang kualitas lama dengan kualitas baru. Sedangkan strategi pemasaran yang sesuai dengan syariah Islam adalah: pemasaran harus terbebas dari unsur riba, suka sama suka (tidak adanya pemaksaan), terbebas dari tipu daya, serta terbebas dari nazsy (promosi palsu). Jadi dapat di simpulkan bahwa strategi pemasaran yang di laksanakan oleh produsen kaos PlatBM Pekanbaru belum sepenuhnya sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 17 Sep 2019 07:40
Last Modified: 17 Sep 2019 07:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20337

Actions (login required)

View Item View Item