Muhammad Fadhly Nazya, - (2019) SISTEM TEMU KEMBALI PELAYANAN TERHADAP CUSTOMER PERPUSTAKAAN DIGITAL METODE K-MEANS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
Cover.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK OK-dikonversi.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
kata pengantar.pdf Download (522kB) | Preview |
|
|
Text
Dafttar isi.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I OK-dikonversi.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (683kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (475kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA OK.pdf Download (365kB) | Preview |
Abstract
Pelayanan diperpustakaan UIN SUSKA RIAU dalam pelayanan terhadap pembaca kurang diterapkan sehingga kurangnya minat bagi mahasiswa untuk membaca di perpustakaan. Dengan adanya pelayanan terhadap customer (pembaca) dapat meningkatkan proses pengelolaan, pelayanan, serta pengembangan sistem perpustakaan perlu dukungan sistem informasi dan metode yang mendukung proses penelitian ini, dengan begitu penulis menggunakan bidang sistem informasi temu kembali atau Information Retrieval (IR), Ilmu Library Information Retrieval (LIR) dan Information Retrieval (IR) menjadi proses yang penting yang dimanfaatkan pada penelitian ini, terhadap metode yang digunakan dalam pencarian dokumen berdasarkan representasi berupa kata kunci, yaitu keyword sebagai bentuk query yang diterapkan spinx search sebagai sistem indexing, untuk melakukan proses perhitungan dari seluruh dokumen buku menggunakan metode cosine similarty yang menjadi inputan dan metode K-Means yang mampu mengcluster dokumen untuk rekomendasi member. Pengujian pada sistem temu kembali dilakukan dengan nilai Precision, Recalldan Blackbox. Berdasarkan hasil pengujian dihasilkan nilai precision sebesar 92,14%dan recall sebesar 100% dengan rasio mendekati 10:9. Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa sistem temu kembali yang dibangun mendekati ideal. Kata kunci : consine similarty, Information Retrieval (IR), k-Means, perpustakaan Termfrequency-inverse document frequency (TF-IDF),
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | consine similarty, Information Retrieval (IR), k-Means, perpustakaan Termfrequency-inverse document frequency (TF-IDF), |
Subjects: | 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika |
Depositing User: | Ari Eka Wahyudi |
Date Deposited: | 13 Sep 2019 03:24 |
Last Modified: | 13 Sep 2019 03:24 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20141 |
Actions (login required)
View Item |