Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SISTEM TEMU KEMBALI PELAYANAN TERHADAP CUSTOMER PERPUSTAKAAN DIGITAL METODE K-MEANS

Muhammad Fadhly Nazya, - (2019) SISTEM TEMU KEMBALI PELAYANAN TERHADAP CUSTOMER PERPUSTAKAAN DIGITAL METODE K-MEANS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK OK-dikonversi.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata pengantar.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dafttar isi.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I OK-dikonversi.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA OK.pdf

Download (365kB) | Preview

Abstract

Pelayanan diperpustakaan UIN SUSKA RIAU dalam pelayanan terhadap pembaca kurang diterapkan sehingga kurangnya minat bagi mahasiswa untuk membaca di perpustakaan. Dengan adanya pelayanan terhadap customer (pembaca) dapat meningkatkan proses pengelolaan, pelayanan, serta pengembangan sistem perpustakaan perlu dukungan sistem informasi dan metode yang mendukung proses penelitian ini, dengan begitu penulis menggunakan bidang sistem informasi temu kembali atau Information Retrieval (IR), Ilmu Library Information Retrieval (LIR) dan Information Retrieval (IR) menjadi proses yang penting yang dimanfaatkan pada penelitian ini, terhadap metode yang digunakan dalam pencarian dokumen berdasarkan representasi berupa kata kunci, yaitu keyword sebagai bentuk query yang diterapkan spinx search sebagai sistem indexing, untuk melakukan proses perhitungan dari seluruh dokumen buku menggunakan metode cosine similarty yang menjadi inputan dan metode K-Means yang mampu mengcluster dokumen untuk rekomendasi member. Pengujian pada sistem temu kembali dilakukan dengan nilai Precision, Recalldan Blackbox. Berdasarkan hasil pengujian dihasilkan nilai precision sebesar 92,14%dan recall sebesar 100% dengan rasio mendekati 10:9. Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa sistem temu kembali yang dibangun mendekati ideal. Kata kunci : consine similarty, Information Retrieval (IR), k-Means, perpustakaan Termfrequency-inverse document frequency (TF-IDF),

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: consine similarty, Information Retrieval (IR), k-Means, perpustakaan Termfrequency-inverse document frequency (TF-IDF),
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 13 Sep 2019 03:24
Last Modified: 13 Sep 2019 03:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20141

Actions (login required)

View Item View Item