Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KEAKTIFAN MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PEKANBARU

NURANISAH LUBIS, 11311201048 (2017) PENGARUH KEAKTIFAN MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (469kB) | Preview
[img] Text
8. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img]
Preview
Text
9. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (325kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keaktifan mengikuti bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru serta ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara keaktifan mengikuti bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa dan Siswi kelas XI MAN 1 Pekanbaru, sedangkan Objek dalam penelitian ini adalah Keaktifan Mengikuti Bimbingan Belajar ( Variabel X ) dan Prestasi Belajar Siswa adalah ( Variabel Y ). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 351 orang siswa sedangkan menjadi sampel sebesar 15 % dari Populasi yaitu 53 orang siswa penarikan sampel di gunakan teknik simple random sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Angket, Observasi, Dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis keaktifan mengikuti bimbingan belajar dan prestasi belajar data yang terkumpul di analisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik menggunakan kolerasi product moment dengan bantuan program SPSS 16. Dari hasil penelitian yang diperoleh terdapat pengaruh yang signifikan antara Keaktifan Mengikuti Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis data yang diperoleh yaitu sebesar nilai r hitung = 0.394 dengan nilai probabilitas 0,000. Karena p<0.05(0,000<0,05) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Kata Kunci: Pengaruh, keaktifan, mengikuti bimbingan belajar, prestasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Psikologi > Bagian Psikologi Klinis dan Agama
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 12 Sep 2019 07:53
Last Modified: 12 Sep 2019 07:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20082

Actions (login required)

View Item View Item