NUR AMIRAH HAKIKI, 11318205219 (2017) PENERAPAN STRATEGI CONCEPT SONG DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 171 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (420kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (457kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (781kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (255kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa melalui penerapan strategi concept song pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas III Sekolah Dasar Negeri 171 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas III, yang dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu kurangnya siswa dalam mengeluarkan pendapat, sehingga pembelajaran terlihat monoton. Dari 21 siswa, hanya 5 siswa atau 24% yang mau mengeluarkan pendapat dan dari 21 siswa hanya 10 siswa atau 48% yang terlihat tertarik, suka, terlibat dan memberi perhatian pada saat mengikuti proses pembelajaran. Berdasarkan beberapa faktor tersebut hal ini dipengaruhi oleh strategi yang digunakan guru selama ini. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objeknya adalah penerapan strategi concept song. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data guru dan siswa dan minat belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian analisis data, menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran concept song dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas III pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar Negeri 171 Pekanbaru. Hal ini diketahui sebelum tindakan, diperoleh persentase rata-rata ketercapaian minat belajar 54,17% atau tergolong “kurang”. Artinya minat belajar siswa sebelum tindakan berada di bawah indikator keberhasilan yang di tetapkan yaitu 75%. Kemudian setelah menerapkan strategi concept song pada siklus I minat belajar siswa meningkat menjadi 78,57% atau tergolong “baik” namun belum mencapai kriteria maksimal. Pada siklus II minat belajar siswa semakin meningkat, persentase 95,83% yang tergolong “baik sekali” dan telah mencapai kriteria maksimal yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran concept song dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 171 Pekanbaru. Kata Kunci: Strategi, Concept Song, Minat Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 07:41 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 07:41 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20066 |
Actions (login required)
View Item |