Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU AL-QURAN HADIS DALAM MENJELASKAN PELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH PENYASAWAN KECAMATAN KAMPAR

MUHAMMAD YUSRI, 11211102468 (2017) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU AL-QURAN HADIS DALAM MENJELASKAN PELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH PENYASAWAN KECAMATAN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (932kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan, dimana guru sudah memiliki keterampilan dalam menjelaskan pelajaran, siswa juga sudah memiliki persepsi yang positif tentang keterampilan guru dalam menjelaskan, namun motivasi belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang keterampilan guru Al-Qur’an Hadis dalam menjelaskan pelajaran terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Penyasawan Kecamatan Kampar. Untuk mengambil sampel penulis menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Jumlah sampel yang penulis ambil yaitu sebanyak 25 % dari setiap kelas yaitu kelas VII A, VII B, VII C, VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, IX A dan kelas IX B, sehingga didapatkan sampel sebanyak 42 siswa dari total 170 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan angket tertutup yang disusun dengan menggunakan skala Likert. Teknik analisa data penelitian ini menggunakan teknik korelasi Product Moment. Hipotesis penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang keterampilan guru Al-Qur’an Hadis dalam menjelaskan pelajaran terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Penyasawan Kecamatan Kampar. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang keterampilan guru Al-Qur’an Hadis dalam menjelaskan pelajaran terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Penyasawan Kecamatan Kampar. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisa data yang diperoleh yaitu nilai ro = 0,840 sedangkan nilai rtabel (5%) (df=N-2 = 42-2=40) adalah 0,304 dan nilai rtabel (1%) = 0,393. Karena rhitung lebih besar dari rtabel atau 0,840>0,304/0,393 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang keterampilan guru Al-Qur’an Hadis dalam menjelaskan pelajaran terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Penyasawan Kecamatan Kampar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 12 Sep 2019 07:08
Last Modified: 12 Sep 2019 07:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20032

Actions (login required)

View Item View Item