PENGARUH PRODUCT MARKET COMPETITION TERHADAP CORPORATE RISK TAKING DAN EFISIENSI INVESTASI (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2015)

YUNI MARYANA, (2017) PENGARUH PRODUCT MARKET COMPETITION TERHADAP CORPORATE RISK TAKING DAN EFISIENSI INVESTASI (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2015). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017797AKN.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PERSETUJUAN (1).pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (382kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Corporate decisions (keputusan perusahaan) merupakan induk dari kelangsungan hidup suatu perusahaan. Keputusan yang baik akan membawa dampak yang baik bagi perusahaan begitupun sebaliknya keputusan yang menyimpang akan berdampak buruk juga bagi perusahaan maka hal ini akan berujung pada ketelibatan perusahaan dalam konfik keagenan sehingga mekanisme tertentu diperlukan untuk meminimalisir masalah keagenan yang terjadi pada perusahaan. Corporate decision di bagi menjadi dua yaitu corporate risk taking dan efisiency investment. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh product market competition terhadap corporate decision khususnya pada corporate risk taking dan efisiency investment. Ukuran utama product market competition adalah bedasarkan tingkat Herfindahl Hirschman Index (HHI). Dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis MANOVA untuk menguji hubungan antara product market competition (sebagai variabel indepenen) terhadap corporate risk taking dan overinvestment (sebagai variabel dependen) secara multivariate dan univariat. Dengan menggunakan observasi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2010-2015 maka di peroleh sampel dalam penelitian ini berjumlah 71 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis multivariate test yang telah dilakukan dalam penelitian ini maka ditemukan bahwa product market competition berpengaruh signifikan terhadap corporate risk taking dan overinvestment sedangkan berdasarkan uji signifikan univariat (test of between subjects-effect) product market competition berpengaruh signifikan terhadap corporate risk taking sedangkan product market competition terhadap overinvestment tidak menunjukan pengaruh yang signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa persaingan berperan sebagai mekanisme mendisiplinkan corporate decision. Kata kunci : Product market competition, Corporate risk taking, overinvestment, Herfindahl Hirschman Index, MANOVA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Ms. Ernawati
Date Deposited: 12 Sep 2019 03:58
Last Modified: 12 Sep 2019 03:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20001

Actions (login required)

View Item View Item