Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TEAM QUIZ TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN KHAIRUL UMMAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

ISNIATI, 11211200621 (2017) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TEAM QUIZ TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN KHAIRUL UMMAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (538kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (978kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz sebagai variabel X (variabel bebas/independen) dan Keaktifan Belajar Siswa sebagai variabel Y (variabel terikat/dependen). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran Al-qur’an Hadits siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren khairul Ummah Kabupaten Indragiri Hulu. Penelitian ini beranjak dari gejala yang penulis temukan di lokasi penelitian, dimana proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru kebanyakan menggunakan metode konvensional seperti ceramah, sehingga berdampak kepada rendahnya kreativitas dan keaktifan siswa belajar di kelas. Maka dari itu, peneliti ingin melihat seberapa jauh pengaruh penggunaan strategi pembeajaran Aktif Tipe Team Quiz ini terhadap keaktifan belajar siswa. Peneliti ini merupakan penelitian Quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Khairul Ummah Kabupaten Indragiri Hulu yang berjumlah 304 orang dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2 yang berjumlah 27 orang (sebagai kelas kontrol) dan XI IPS2 yang berjumlah 38 orang (sebagai kelas eksperimen). Sedangkan pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa keakifan belajar siswa yang mengguanakan strategi pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz lebih baik dari pada mengguanakan pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat dari tingginya keaktifan belajar siswa yang berada di kelas ekperimen dibandingkan di kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada pelajaran Al-qur’an Hadits Kelas XI Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Khairul Ummah Kabupaten Indragri Hulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 12 Sep 2019 02:02
Last Modified: 12 Sep 2019 02:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19981

Actions (login required)

View Item View Item