Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU AZ-ZUHRA PEKANBARU

SYAFRIKA PRANITA, 11215201391 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU AZ-ZUHRA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (694kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (333kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis kontekstual yang valid, praktis, dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif siswa SMP IT Az-Zuhra Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R & D). Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa bahan ajar LKS dengan materi garis dan sudut dengan basis kontekstual untuk siswa kelas VII SMP. Model pengembangan yang dilakukan sesuai dengan Model 4-D (Define, Design, Develop, and Desseminate). Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar uji validitas, lembar uji praktikalitas, lembar uji efektifitas, dan soal posttest. Berdasarkan hasil uji validitas dari ahli materi, LKS matematika berbasis kontekstual termasuk dalam kategori sangat valid dengan persentase 81,6%. Sedangkan hasil uji validitas dari ahli tampilan termasuk dalam kategori sangat valid dengan persentase 81%. Berdasarkan hasil uji praktikalitas saat uji kelompok kecil, LKS matematika berbasis kontekstual termasuk dalam kategori sangat praktis dengan persentase 80,87%. Sedangkan hasil uji praktikalitas saat uji kelompok besar termasuk dalam kategori sangat praktis dengan persentase 82%. Berdasarkan hasil posttest, LKS matematika berbasis kontekstual efektif meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, hal tersebut ditunjukkan dengan adanya perbedaan secara signifikan antara rata-rata skor posttest kelas eksperimen 86,22 lebih besar dari rata-rata skor posttest kelas kontrol 73,90. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS matematika berbasis kontekstual valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kata kunci: LKS, Kontekstual, Kemampuan Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 11 Sep 2019 02:29
Last Modified: 11 Sep 2019 02:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19850

Actions (login required)

View Item View Item