Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM MENGGUNAKAN JASA EVENT ORGANIZER ABIKOM DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

DESI AFRIANI (2016) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM MENGGUNAKAN JASA EVENT ORGANIZER ABIKOM DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB IV (1).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
10. BAB V (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (343kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul: “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Jasa Event Organizer ABIKOM Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam.” Penelitian ini dilatar belakangi oleh pencapaian target event oleh Abikom tidak sampai 50% tercapai. Kebanyakan pelanggan jarang yang melakukan pembelian ulang jasa event organizer Abikom. Upaya pemasaran jasa sebenarnya erat kaitannya dengan tingkat kepuasan konsumen, karena konsep dasar pemasaran sendiri adalah untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan. Untuk mendapatkan kepuasan tersebut, maka kualitas pelayanan menjadi variabel penting dalam memperoleh kepuasan pelangan. Sementara persepsi manajeman Abikom dalam pelayanan jasa event organizer, tidak berbanding lurus dengan pencapaian target event yang diinginkan. Adapun pokok permasalahan dalam peneitian ini adalah apakah sebenarnya kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen menggunakan jasa event organizer Abikom. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dalam menggunakan jasa event organizer Abikom, dan untuk mengetahui bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap kualitas pelayanan jasa event organizer Abikom. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan), penelitian ini dilakukan di Jalan Bakti 4 Cleopatra Residance No 12, RT. 02 RW. 01 Kelurahan Tangkerang Barat Kecamatan Marpoyan Damai yang merupakan kantor Abikom Event Organizer. Subjek dalam penelitian ini adalah perusahaan maupun lembaga yang menggunakan jasa Event Oranizer CV. Arsy Bakule Intelektual Komunikasi (Abikom) yang berjumlah 19 lembaga/perusahaan, yang kemudian diambil sampel dengan teknik Purposive Sampling yaitu dengan sampel sebanyak 17 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan Abikom berpengaruh signifikan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan menggunakan jasa Abikom. Secara simultan variabel-variabel kualitas pelayanan (bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan kepedulian) menunjukkan nilai F hitung = 3,419 > F tabel = 3,20 dengan signifikansi sebesar 0,000 yang artinya bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan kepedulian secara bersama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sementara uji secara parsial/individu maka variabel kepedulian pada kualitas pelayanan memiliki nilai signifikan yang paling tinggi yaitu dengan t hitung = 8.646 dan signifikansi sebesar 0,000. Sementara yang memiliki tingkat signifikan yang paling rendah dari variabelvariabel kualitas pelayanan lainnya adalah variabel kehandalan dengan nilai t hitung = 2.311 dan nilai signifikansi sebesar 0,032. Hasil dari R square sebesar 0,435 artinya adalah bahwa 43,5% kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh kualitas pelayanan. Tinjauan ekonomi Islam terhadap kualitas pelayanan jasa event organizer Abikom dinyatakan bahwa variabel-variabel pelayanan Abikom seperti bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan kepedulian sudah sesuai dengan ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 10 Sep 2019 09:02
Last Modified: 10 Sep 2019 09:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19816

Actions (login required)

View Item View Item