AYU ARISKA FILIANG, 11311202629 (2017) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 40 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (422kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (477kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (516kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (338kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru 2016/2017.Penelitian ini dilaksanakan sejak bulan Januari sampai Maret 2017 bertempat di Sekolah Menegah Pertama Negeri 40 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa Muslim kelas VII dan VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru yang berjumlah 324 siswa yang terdiri dari 8 kelas. Mengingat populasi terlalu besar, maka dalam penelitian ini penulis mengadakan penarikan sampel sebesar 20% dengan jumlah 65 orang dengan teknik stratified random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah kompetensi pedagogik guru sebagai variabel bebas (X) serta prestasi belajar sebagai variabel terikat (Y). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan observasi,angket, dan dokumentasi. Pengumpulan data untuk variabel independent yakni kompetensi pedagogik dengan menggunakan angket. Untuk variabel dependent yakni prestasi belajar data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi dengan melihat nilai raport MID Semester Genap. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan teknik Korelasi Product Moment. Dalam pengolahan data tersebut penelitian menggunakan bantuan perangkat komputer program SPSS (Statistical Program Society Science) versi 16.0 for Windows.Berdasarkan analisis data maka disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru, melalui angket dengan persentase 74,76 % tergolong Baik. Sedangkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tergolong Baik, dengan rata-rata 83,65. Melaluiuji SPSS (Statistical Program Society Science) Korelasi Product Moment, hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0.772 lebih besar dari rt pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,250<0,772>0,325 dengan demikian maka Ha diterima H0 ditolak. Maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 10 Sep 2019 07:54 |
Last Modified: | 10 Sep 2019 07:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19779 |
Actions (login required)
View Item |