Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI BUKIT RAYA PEKANBARU

ALLIN ISTIKA CHANDRA, 11315200416 (2017) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI BUKIT RAYA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (825kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (797kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (516kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh kendala yang muncul yaitu belum tersedianya bahan ajar berupa modul yang mampu memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis pendekatan problem based learning yang valid, praktis dan mampu memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) yang mengacu pada penelitian model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Bukit Raya Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelompok kecil dari kelas VII.2, 36 siswa kelompok terbatas dari kelas VII.4 dan objek penelitian ini adalah modul berbasis pendekatan problem based learning. Jenis data berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas, angket uji praktikalitas dan soal posttest. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas modul yang dikembangkan tergolong kategori sangat valid (86,1%), dan sangat praktis berdasarkan penilaian dari siswa kelompok kecil (83,81%) dan penilaian dari siswa kelompok terbatas (83,94%), sedangkan kemampuan representasi matematis siswa setelah menggunakan modul berbasis pendekatan problem based learning termasuk kategori tinggi (89,8%). Hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa modul berbasis pendekatan problem based learning yang dikembangkan telah valid, praktis dan mampu memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa. Kata Kunci: Modul, Pendekatan Problem Based Learning, Kemampuan Representasi Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 09 Sep 2019 07:50
Last Modified: 09 Sep 2019 07:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19602

Actions (login required)

View Item View Item