ALLIN ISTIKA CHANDRA, 11315200416 (2017) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI BUKIT RAYA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (520kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (450kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (825kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (668kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (797kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (516kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh kendala yang muncul yaitu belum tersedianya bahan ajar berupa modul yang mampu memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis pendekatan problem based learning yang valid, praktis dan mampu memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) yang mengacu pada penelitian model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Bukit Raya Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelompok kecil dari kelas VII.2, 36 siswa kelompok terbatas dari kelas VII.4 dan objek penelitian ini adalah modul berbasis pendekatan problem based learning. Jenis data berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas, angket uji praktikalitas dan soal posttest. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas modul yang dikembangkan tergolong kategori sangat valid (86,1%), dan sangat praktis berdasarkan penilaian dari siswa kelompok kecil (83,81%) dan penilaian dari siswa kelompok terbatas (83,94%), sedangkan kemampuan representasi matematis siswa setelah menggunakan modul berbasis pendekatan problem based learning termasuk kategori tinggi (89,8%). Hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa modul berbasis pendekatan problem based learning yang dikembangkan telah valid, praktis dan mampu memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa. Kata Kunci: Modul, Pendekatan Problem Based Learning, Kemampuan Representasi Matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 09 Sep 2019 07:50 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 07:50 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19602 |
Actions (login required)
View Item |