Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI AKAD ISTISHNA’ BARANG INTERIOR DI TOKO INDAH KREATIF INTERIOR KECAMATAN TAMPAN MENURUT EKONOMI SYARIAH

Retno Dwi Ningrum, - (2019) IMPLEMENTASI AKAD ISTISHNA’ BARANG INTERIOR DI TOKO INDAH KREATIF INTERIOR KECAMATAN TAMPAN MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (752kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB III.pdf

Download (813kB) | Preview
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (724kB)
[img]
Preview
Text
12. BAB V.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (464kB) | Preview

Abstract

Istishna’ merupakan transaksi atau akad jual beli dimana barang yang diperjual belikan belum ada ketika transaksi dilakukan dan harus dipesan terlebih dahulu. Dalam pembayaran konsumen bisa melakukan pembayaran dengan cara dimuka, dicicil dan ditangguhkan sampai waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan. Sedangkan penyerahan barang dilakukan dikemudian hari. Istishna’ mempunyai rukun dan syarat yang harus dipatuhi, namun fenomena yang dijumpai pada akad istishna’ ini masih kurang sesuai, seperti adanya barang yang tidak sesuai dengan akad baik dari segi waktu penyelesaian maupun kepercayaan. Adapun tujuan masalah dalam penelitian ini untuk mengetahui implementasi akad istishna’ barang interior di toko Indah Kreatif Interior dan untuk mengetahui tinjauan ekonomi syariah terhadap akad pemesanan barang pada interior. Penelitian ini dilaksanakan di Jalan Bangau Sakti Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data dari penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang kemudian dianalisi menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 41 orang. Berhubung populasinya sedikit, maka semua populasi dijadikan sampel dengan menggunakan teknik Total Sampling. Hasil penelitian di dapat bahwa implementasi akad istishna’ pada toko Indah Kreatif Interior sudah melakukan prosedur pemesanan yang jelas mulai dari konsumen datang ke toko untuk memesan barang, melakukan perjanjian antara kedua belah pihak, dan melakukan pembayaran. Kemudian tanggapan responden mengenai kriteria disebutkan sebanyak 41 orang atau 100 %, mengenai kejelasan harga sebanyak 41 orang atau 100 %, mengenai sistem pembayaran dengan cara bayar setelah barang selesai sebanyak 25 orang atau 60,97 %, penyelesaian barang tepat waktu mengatakan kadang-kadang sebanyak 21 orang atau 51,21 %, mengenai barang pesanan tidak sesuai dengan pesanan, bisa dikembalikan sebanyak 38 orang atau 92,68 % Dan ketidaksesuain antara harga awal dan akhir mengatakan tidak ada sebanyak 38 orang atau 92,68 %. Adapun tinjauan Ekonomi Syariah di Toko Indah Kreatif Interior Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru dari sisi pelaksanaan rukun dan syarat istishna’ sudah sesuai seperti menyebutkan kriteria, harga, dan sistem pembayarannya. Namun masih ada keterlambatan penyelesaian barang tidak tepat waktu yang masih belum terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 09 Sep 2019 07:14
Last Modified: 09 Sep 2019 07:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19584

Actions (login required)

View Item View Item