GUSTIA MULANDARI (2017) PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISKUSI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 BUKIT BATU KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20171054PAI.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20171054PAI.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20171054PAI.pdf Download (560kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20171054PAI.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20171054PAI.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20171054PAI.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20171054PAI.pdf Download (448kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20171054PAI.pdf Download (419kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20171054PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (834kB) |
||
|
Text
10. BAB V_20171054PAI.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20171054PAI.pdf Download (300kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu Penggunaan Metode Diskusi (Variabel X) dan Aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (Variabel Y). Berangkat dari permasalahan yaitu Rendahnya aktivitas belajar siswa diketahui dari gejala-gejala proses pembelajaran yaitu Masih banyak siswa yang tidak bertanya dalam pelaksanaan diskusi, dalam diskusi masih ada siswa tidak mau menanggapi pertanyaan, masih ada siswa tidak membuat catatan tentang poin-poin penting dalam diskusi, dalam proses diskusi masih ada siswa yang diam, yang aktif dalam berdiskusi hanya beberapa orang tertentu saja. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu“apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode diskusi terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Bukit Batu Kabupaten Bengkalis”? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan metode diskusi terhadap Aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Bukit Batu Kabupaten Bengkalis. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Bukit Batu Kabupaten Bengkalis. Sedangkan objek pada penelitian ini adalahpenggunaan metode diskusi dan pengaruhnya terhadap aktivitas belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis. Untuk populasi dalam penelitian ini adalah siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Bukit Batu kelas IX yang berjumlah 112 orang siswa. Sedangkan untuk sampel dalam penelitian ini adalah diambil 33% atau 36 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Observasi, Angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah Korelasi Product Moment. Dari hasil analisis diperoleh f = (0,339< 0,551> 0,436) “r” tabel pada taraf signifikan 5% = 0,339 dan taraf signifikan 1% =0,436. Ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode diskusi terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 bukit Batu Kabupaten Bengkalis. Artinya, semakin baik tingkat penggunaan metode diskusi maka semakin tinggi pula aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Bukit Batu Kabupaten Bengkalis. Kata Kunci: Pengaruh, Metode Diskusi, Aktivitas Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 07 Sep 2019 04:29 |
Last Modified: | 07 Sep 2019 04:29 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19479 |
Actions (login required)
View Item |