ARI HARDIAN SAPUTRA (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA SEDERHANA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20171049PK.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20171049PK.pdf Download (449kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20171049PK.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20171049PK.pdf Download (513kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20171049PK.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20171049PK.pdf Download (629kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20171049PK.pdf Download (666kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20171049PK.pdf Download (647kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20171049PK.pdf Restricted to Repository staff only Download (795kB) |
||
|
Text
10. BAB V_20171049PK.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20171049PK.pdf Download (396kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi koloid di MAN Teluk Kuantan. Hal ini dipengaruhi oleh pembelajaran yang cenderung berpusat kepada guru dan kurangnya ketertarikan siswa terhadap mata pelajaran kimia yang rata-rata siswa menganggapnya sulit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan mengunakan alat peraga sederhana terhadap hasil belar siswa pada materi koloid. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen yang menjadikan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol yang dipih berdasarkan teknik random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, dan dokumentasi. Untuk mengetahui besar pengaruh yang didapatkan pada penelitian ini digunakan rumus t-test dan didapatkan thitung sebesar 2,24 lebih besar dari ttabel 2,00 (2,24>2,00) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan alat peraga sederhana terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid. Untuk mengetahui besarnya koefesien pengaruh pada penelitian ini menggunakan rumus koefesien determinasi dikali 100% dan didapatkan koefesien pengaruhnya sebesar 9%. Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Alat Peraga Sederhana, Hasil Belajar, Sistem Koloid.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 07 Sep 2019 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2019 04:13 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19474 |
Actions (login required)
View Item |