Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHEIVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI KOLOID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 14 PEKANBARU

RAHMI NURJIHAN (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHEIVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI KOLOID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 14 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_20171027PK.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_20171027PK.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_20171027PK.pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_20171027PK.pdf

Download (736kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_20171027PK.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_20171027PK.pdf

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_20171027PK.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_20171027PK.pdf

Download (708kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_20171027PK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (931kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_20171027PK.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20171027PK.pdf

Download (398kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan video pembelajaran terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI SMA Negeri 14 Pekanbaru pada materi koloid. Dilatarbelakangi oleh keterbatasan dalam menggunakan model pembelajaran serta media pembelajaran yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA. Sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih secara simple random sampling dan diperoleh kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dalam bentuk uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelum koloid, Pretest dan posttest sebagai data akhir, observasi dan dokumentasi. Analisis data akhir pada penelitian ini dihitung dengan menggunakan uji “t”, dari hasil perhitungan diperoleh thitung 3.27 dan ttabel 1.9977 pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa thitung 3.27> ttabel 1.9977 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Acheivement Division (STAD) berbantuan video pembelajaran pada materi koloid terhadap hasil belajar siswa dengan nilai koefisien pengaruh 14.31%. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (STAD), Video Pembelajaran, Koloid , Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 06 Sep 2019 08:35
Last Modified: 06 Sep 2019 08:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19435

Actions (login required)

View Item View Item