Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN HEURISTIK UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 13 PEKANBARU

INGHA PAMULANGSIH (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN HEURISTIK UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 13 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_20171026PMT.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGEASAHAN_20171026PMT.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_20171026PMT.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_20171026PMT.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_20171026PMT.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_20171026PMT.pdf

Download (680kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_20171026PMT.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_20171026PMT.pdf

Download (829kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_20171026PMT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_20171026PMT.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20171026PMT.pdf

Download (543kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan lembar kerja siswa berbasis pendekatan Heuristik yang valid dan praktis serta untuk memfasilitasi pemahaman konsep matematika siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII-10 dan objek penelitian ini adalah LKS berbasis pendekatan Heuristik. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan uji validitas oleh enam validaotor diantaranya 3 validator untuk memvalidasi teknologi pendidikan dan 3 validator untuk memvalidasi materi pembelajaran pada LKS berbasis pendekatan Heuristik. LKS berbasis pendekatan Heuristik dinyatakan kategori sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 85,2%. Berdasarkan uji kepraktisan, LKS berbasis pendekatan Heuristik dinyatakan kategori sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 91,6%. Dari hasil tersebut mengidentifikasi bahwa LKS yang dikembangkan layak dan praktis. Berdasarkan tes pemahaman konsep matematika, LKS berbasis pendekatan Heuristik sudah memfasilitasi pemahaman konsep matematika dengan persentase tingkat penguasaan yaitu 90,4% dinyatakan kategori tinggi. Kata Kunci : Lembar Kerja Siswa, Pendekatan Heuristik, Pemahaman Konsep Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 06 Sep 2019 08:33
Last Modified: 06 Sep 2019 08:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19434

Actions (login required)

View Item View Item