METRA ALFANDI (2017) PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TELKOM PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017996KI.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017996KI.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017996KI.pdf Download (556kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017996KI.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017996KI.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017996KI.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017996KI.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017996KI.pdf Download (328kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017996KI.pdf Restricted to Repository staff only Download (640kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017996KI.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017996KI.pdf Download (276kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif peran guru bimbingan konseling dalam mengembangkan kecerdasan spiritual di Sekolah Menengah Kejuruan Telkom Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Informan utama penelitian adalah 1 orang guru bimbingan konseling, 1 orang waka kurikulum, 1 oarang wali kelas dan 2 orang siswa. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data wawancara di analisa dengan cara digambarkan dengan kata-kata atau kalimat untuk memperoleh kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran yang dilakukan guru bimbingan konseling dalam mengembangkan kecerdasan spiritual di Sekolah Menengah Kejuruan Telkom Pekanbaru terbilang sudah efektif, hal tersebut dapat disimpulkan berdasarkan (1) guru bimbingan konseling telah membuat langkah-langkah agar siswa dapat memiliki tujuan hidup yang jelas diantaranya, memberikan layanan informasi dengan materi yang terkait dengan pembentukan tujuan hidup yang jelas, memberikan motivasi serta memberikan pemahaman pentingnya menetapkana tujuan hidup yang baik (2) guru bimbingan konseling memberikan pemahaman akan pentinya kesadaran diri yang tinggi bagi siswa (3) guru bimbingan konseling memberikan pemahaman serta pengetahuan kepada siswa agar mereka mampu menghadapi permasalahan yang ada dengan memberikan layanan mediasi dengan menampilkan video motivasi. (4) guru bimbingan konseling memberikan pemahaman serta pengetahuan kepada siswa agar mereka tidak melakukan tindakan yang merugikan diri sendiri dengan cara memberikan layanan konseling kelompok, konseling individu, serta memberikan motivasi (5) guru bimbingan konseling menanamkan pentingnya sikap empati di dalam kehidupan sehari-hari siswa dengan memberikan layanan konten, layanan informasi dengan materi yang terkait dengan pentingnya sikap empati, (6) guru bimbingan konseling menumbuhkan sikap selalu merasakan kehadiran Allah di dalam diri siswa lewat metode pembelajaran, memberikan layanan informasi serta memberikan motivasi. Kata Kunci: Peran Guru Bimbingan Konseling, Mengembangkan, Kecerdasan Spiritual.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 06 Sep 2019 06:38 |
Last Modified: | 06 Sep 2019 06:38 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19387 |
Actions (login required)
View Item |