RINA ALVIANA (2017) PENERAPAN MEDIA TV COMMERCIAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 023 KUALU NENAS KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017956PGMI.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017956PGMI.pdf Download (507kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017956PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017956PGMI.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017956PGMI.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017956PGMI.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017956PGMI.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017956PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017956PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017956PGMI.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017956PGMI.pdf Download (302kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada matapelajaran ilmu pengetahuan sosial di kelas V Sekolah Dasar Negeri 023 Kualu Nenas. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa. Diantaranya siswa sering ribut pada saat proses pembelajaran berlangsung, siswa kurang berpartisipasi dalam belajar, dan siswa kurang memperhatikan guru saat belajar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah guru dan siswa kelas V sedangkan Objek penelitian ini adalah penerapan Media TV Commercial dan minat belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dengan menggunakan rumus P = X 100 % Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diketahui bahwa Media TV Commersial dapat meningkatkan Minat belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini dapat dilihat sebelum tindakan minat belajar siswa hanya 45,83%, setelah tindakan pada siklus I Minat Belajar Siswa adalah 62,5%, pada siklus II Minat belajar siswa meningkat 83,33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Media TV Commersial dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 023 Kualu Nenas. Kata Kunci: Strategi, TV Commersial, Minat Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 06 Sep 2019 01:24 |
Last Modified: | 06 Sep 2019 01:24 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19321 |
Actions (login required)
View Item |