SELVI WAHYUNI (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI CERITA PENDEK MELALUI METODE REVIEW STUDY VERBALIZE PREVIEW (RSVP) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 001 TERATAK KECAMATAN RUMBIO JAYA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017945PGMI.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017945PGMI.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017945PGMI.pdf Download (542kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017945PGMI.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017945PGMI.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017945PGMI.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017945PGMI.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017945PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017945PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017945PGMI.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017945PGMI.pdf Download (255kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami cerita pendek pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode Review Study Verbalize Preview (RSVP) Kelas IV Sekolah Dasar Negri 001 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, diantaranya: 1) Siswa masih merasa bingung ketika disuruh membaca, 2) Selain itu juga hanya sebagian siswa yang dapat menentukan latar pada cerita pendek. Penelitian ini merupakan penelitian Penataan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objeknya adalah penerapan metode Review Study Verbalize Preview (RSVP) dan kemampuan siswa dalam memahami cerita pendek. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, tiap siklus dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data: 1) Tes, 2) Observasi dan 3) Dokumentasi. Sedangkan teknik analisa datanya yaitu Statistik Deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data bahwa penerapan metode Review Study Verbalize Preview (RSVP) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkat, hal ini dapat diketahui dari sebelum tindakan 60,0%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 adalah 67,1%, dan pada siklus II 81,3%. Dengan demikian Metode Review Study Verbalize Preview (RSVP) dapat digunakan khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kata Kunci : Kemampuan Memahami Cerita Pendek Melalui Metode Review Study Verbalize Preview (RSVP)
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 05 Sep 2019 08:57 |
Last Modified: | 05 Sep 2019 08:57 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19297 |
Actions (login required)
View Item |