FUTRY RAYMON SARY (2017) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE HIGH FIVES UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 014 GANTING DAMAI KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017943PGMI.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017943PGMI.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017943PGMI.pdf Download (626kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017943PGMI.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017943PGMI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017943PGMI.pdf Download (477kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017943PGMI.pdf Download (519kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017943PGMI.pdf Download (464kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017943PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (960kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017943PGMI.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017943PGMI.pdf Download (334kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Sekolah Dasar Negeri 014 Ganting Damai Kecamatan Salo Kabupaten Kampar melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe high fives. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 70. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran aktif tipe high fives dan hasil belajar. Penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dengan Statistik Deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data dapat diketahui bahwa strategi pembelajaran aktif tipe high fives dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, hal ini dapat diketahui sebelum tindakan ketuntasan hasil belajar siswa hanya mencapai 37,04%, setelah dilakukan tindakan hasil belajar siswa pada siklus I meningkat menjadi 59,26% dan pada siklus II ketuntasannya berhasil mencapai 77,78%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe High Fives dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 014 Ganting Damai Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Aktif Tipe High Fives, Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 05 Sep 2019 08:53 |
Last Modified: | 05 Sep 2019 08:53 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19294 |
Actions (login required)
View Item |