YULINAR SAPUTRI (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017908PMT.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017908PMT.pdf Download (547kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017908PMT.pdf Download (629kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017908PMT.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017908PMT.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017908PMT.pdf Download (419kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017908PMT.pdf Download (744kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017908PMT.pdf Download (744kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017908PMT.pdf Restricted to Repository staff only Download (707kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017908PMT.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017908PMT.pdf Download (386kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki terdapat atau tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan siswa yang menggunakanpendekatan konvensional jika ditinjau dari motivasi belajar pada siswa kelas VII SMPN 1Tambang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Tambang dengan sampelnya adalah diambil dua kelas dari enam kelas VII SMPN 1 Tambang. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang bertujuan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu dengan cara memberikan perlakuan pada salah satu kelas dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda dengan desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, tes dan angket.Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t untuk hipotesis 1 dan 2, menggunakan korelasi product moment untuk hipotesis 3, serta menggunakan Uji Anova Dua Arah untuk hipotesis 4. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan siswa yang menggunakan pendekatan konvensional; 2) Tidak terdapat perbedaan rata-rata motivasi belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan siswa yang menggunakan pendekatan konvensional; 3) Terdapat kontribusi motivasi belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa; 4) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Kata kunci : Jigsaw, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Motivasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 05 Sep 2019 00:54 |
Last Modified: | 05 Sep 2019 00:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19192 |
Actions (login required)
View Item |