PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA BERBASIS MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DI PEKANBARU

IDA DEVI YANTRI, (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA BERBASIS MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017904PMT.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017904PMT.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017904PMT.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017904PMT.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017904PMT.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017904PMT.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017904PMT.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017904PMT.pdf

Download (686kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017904PMT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017904PMT.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017904PMT.pdf

Download (473kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh kebutuhan siswa dalam pembelajaran menggunakan LAS yang dapat menuntun siswa dalam menemukan konsep. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) berbasis model Missouri Mathematics Project yang valid, praktis serta mampu memfasilitasi pemahaman konsep matematis siswa MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R & D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian adalah dosen dan guru sebagai validator serta siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Objek penelitian adalah LAS berbasis model Missouri Mathematics Project dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Data diperoleh melalui proses validasi LAS oleh validator, proses praktikalitas LAS oleh siswa, dan tes pemahaman konsep matematika siswa. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, lembar uji praktikalitas dan soal tes pemahaman konsep secara deskriptif. Berdasarkan hasil uji validitas LAS berbasis model Missouri Mathematics Project termasuk kategori sangat valid dari penilaian ahli materi dengan persentase 82,04% dan penilain ahli teknologi termasuk kategori valid dengan 78,15%. Berdasarkan uji kepraktisan, LAS berbasis model Missouri Mathematics Project dinyatakan sangat praktis pada uji coba kelompok kecil dengan persentase 81,25% dan pada kelompok terbatas dengan persentase 91,13%. Berdasarkan tes pemahaman konsep matematis , LAS berbasis model Missouri Mathematics Project sudah memfasilitasi pemahaman konsep matematis dengan persentase tingkat penguasaan yaitu 82,48% dinyatakan kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa LAS berbasis model Missouri Mathematics Project yang dikembangkan layak digunakan serta mampu memfasilitasi pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: LAS, Missouri Mathematics Project, Pemahaman Konsep Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 05 Sep 2019 00:45
Last Modified: 05 Sep 2019 00:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19188

Actions (login required)

View Item View Item