IDA DEVI YANTRI (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA BERBASIS MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017904PMT.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017904PMT.pdf Download (481kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017904PMT.pdf Download (450kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017904PMT.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017904PMT.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017904PMT.pdf Download (586kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017904PMT.pdf Download (514kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017904PMT.pdf Download (686kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017904PMT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017904PMT.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017904PMT.pdf Download (473kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh kebutuhan siswa dalam pembelajaran menggunakan LAS yang dapat menuntun siswa dalam menemukan konsep. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) berbasis model Missouri Mathematics Project yang valid, praktis serta mampu memfasilitasi pemahaman konsep matematis siswa MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R & D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian adalah dosen dan guru sebagai validator serta siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Objek penelitian adalah LAS berbasis model Missouri Mathematics Project dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Data diperoleh melalui proses validasi LAS oleh validator, proses praktikalitas LAS oleh siswa, dan tes pemahaman konsep matematika siswa. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, lembar uji praktikalitas dan soal tes pemahaman konsep secara deskriptif. Berdasarkan hasil uji validitas LAS berbasis model Missouri Mathematics Project termasuk kategori sangat valid dari penilaian ahli materi dengan persentase 82,04% dan penilain ahli teknologi termasuk kategori valid dengan 78,15%. Berdasarkan uji kepraktisan, LAS berbasis model Missouri Mathematics Project dinyatakan sangat praktis pada uji coba kelompok kecil dengan persentase 81,25% dan pada kelompok terbatas dengan persentase 91,13%. Berdasarkan tes pemahaman konsep matematis , LAS berbasis model Missouri Mathematics Project sudah memfasilitasi pemahaman konsep matematis dengan persentase tingkat penguasaan yaitu 82,48% dinyatakan kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa LAS berbasis model Missouri Mathematics Project yang dikembangkan layak digunakan serta mampu memfasilitasi pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: LAS, Missouri Mathematics Project, Pemahaman Konsep Matematis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 05 Sep 2019 00:45 |
Last Modified: | 05 Sep 2019 00:45 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19188 |
Actions (login required)
View Item |