Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGULANGAN MATERI PELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS LEMBAGA KETAHANAN MASYARAKAT DESA (LKMD) SUKARAMAI KABUPATEN KAMPAR

RISWATI, 11211203992 (2017) PENGARUH PENGULANGAN MATERI PELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS LEMBAGA KETAHANAN MASYARAKAT DESA (LKMD) SUKARAMAI KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (423kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa banyak cara yang dapat dilakukan dalam kegiatan belajar. Salah satu unsur penting dalam belajar dengan melakukan pengulangan diharapkan muncul respon yang positif sehingga memberikan hasil belajar yang baik dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengulangan materi pelajaran siswa, hasil belajar serta pengaruh antara pengulangan materi pelajaran terhadap Hasil Belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD) Sukaramai Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 bertempat di Sekolah Menengah Atas Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD) Sukaramai Kabupaten Kampar. Subjek penelitian ini adalah siswa, sedangkan objek penelitian ini pengaruh pengulangan materi pelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD) Sukaramai Kabupaten Kampar. Populasi pada penelitian ini, seluruh siswa Muslim yang berjumlah 241 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa dan diambil secara acak di setiap kelasnya . Pengumpulan data variabel independent menggunakan angket dalam bentuk skala likert dan untuk variabel dependent dalam bentuk dokumentasi. Untuk menjawab rumusan masalah pertama data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan persentase, untuk menjawab rumusan masalah kedua data dianalisis dengan menggunakan rumus mean, dan untuk menganalisis pengaruh pengulangan materi pelajaran siswa terhadap hasil belajar dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasi Product Moment. Dalam pengolahan data tersebut peneliti menggunakan bantuan perangkat komputer program SPSS (Statistical Program Society Science) Versi 16.0 for Windows. Berdasarkan analisis data maka disimpulkan bahwa pengulangan materi pelajaran siswa melalui angket dengan hasil presentase 76,8% tergolong kuat, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tergolong baik sekali, dengan rata-rata 77,3. Melalui uji SPSS (Statistical Program Society Science) Korelasi Product Moment, hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,512 dengan probabilitasnya 0,000. maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Pengulangan Materi Pelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa Sukaramai Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 04 Sep 2019 08:12
Last Modified: 04 Sep 2019 08:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19164

Actions (login required)

View Item View Item