EKO SYAPUTRA (2017) PENERAPAN NILAI-NILAI ISLAMI DALAM LAYANAN BIMBINGAN KONSELING MADRASAH TSANAWIYAH ISLAMIC CENTRE AL-HIDAYAH KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017896KI.pdf Download (385kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017896KI.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017896KI.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017896KI.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017896KI.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017896KI.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017896KI.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017896KI.pdf Download (310kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017896KI.pdf Restricted to Repository staff only Download (500kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017896KI.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017896KI.pdf Download (331kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan bimbingan konseling di Madrasah Tsanawiyah Islamic Centre Al-Hidayah kabupaten Kampar yang dalam penerapannya menanamkan nilai-nilai keislaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan nilai-nilai islami dalam layanan bimbingan konseling di Madrasah Tsanawiyah Islamic Centre Al-Hidayah kabupaten Kampar dan apa faktor pendukung dan penghambat penerapan nilai-nilai islami dalam layanan bimbingan konseling di Madrasah Tsanawiyah Islamic Centre AlHidayah kabupaten Kampar. Subjek penelitian adalah guru BK, objek penelitian adalah penerapan nilai-nilai islami dalam layanan bimbingan konseling. Jenis penelitian ini deskriftif kualitatif, untuk pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan teknik wawancara. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan cara mereduksi data yaitu menguraikan kembali data yang dikumpulkan dalam bentuk narasi atau kalimat-kalimat. Adapun cara mengukur dan menarik kesimpulan dari indikator penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Madrasah Tsanawiyah Islamic Center Al-Hidayah Kampar menerapkan nilai-nilai Islami dalam pelaksanaan layanan bimbingan konseling. Penerapan nilai-nilai Islami dilakukan dengan memberikan pencegahan terhadap timbulnya masalah pada pribadi santri dalam persepektif islam, memberikan pemahaman kepada santri tentang diri beserta masalahnya dilihat dari nilai-nilai keislaman, memberikan pengentasan terhadap masalah yang dihadapi oleh santri agar dapat mengatasi masalahnya dari sudut pandang nilai-nilai keislaman, mengembangkan dan menyalurkan potensi diri santri seperti bakat, minat, intelegensi, dan lain sebagainya, dan memberikan bimbingan kepada santri agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan nilainilai Islami dalam Layanan Bimbingan Konseling yaitu faktor perkembangan pendidikan, faktor sosio kultural dan faktor psikologis Kata Kunci : Nilai-Nilai Islami, Layanan Bimbingan Konseling
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 04 Sep 2019 06:16 |
Last Modified: | 04 Sep 2019 06:16 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19121 |
Actions (login required)
View Item |