Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBERI PENGUATAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 10 TAPUNG KAMPAR

HERI SAPUTRA (2017) PENGARUH KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBERI PENGUATAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 10 TAPUNG KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017895PAI.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017895PAI.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017895PAI.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PERHARGAAN_2017895PAI.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017895PAI.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017895PAI.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017895PAI.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017895PAI.pdf

Download (442kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017895PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (775kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017895PAI.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017895PAI.pdf

Download (278kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh 2 variabel, yaitu pengaruh keterampilan guru dalam memberi penguatan (variabel bebas/variabel X) dan hasil belajar siswa (variabel terikat/variabel Y). Permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah hubungan antara kedua variabel yang diteliti yakni pengaruh keterampilan guru dalam memberi penguatan terhadap hasil belajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan guru dalam memberi penguatan terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah korelasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang guru Pendidikan Agama Islam dan seluruh siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Tapung. Sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh keterampilan guru dalam memberi penguatan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Tapung. Populasinya adalah seluruh siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Tapung yang berjumlah 450 orang beserta 2 orang guru Pendidikan Agama Islam, sampel dalam penelitian ini sebanyak 39 orang siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara angket dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul dari penelitian terhadap 2 variabel ini adalah berupa data-data interval, sehingga analisis terhadap data tersebut menggunakan teknik korelasi product moment. Penelitian yang penulis lakukan ini menghasilkan kesimpulan akhir bahwa terdapat hubungan yang signifikan keterampilan guru dalam memberi penguatan terhadap hasil belajar, dengan mengetahui bahwa rxy = 0,669 lebih besar dari pada “r” tabel pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,304 < 0,669 > 0,393. Kata Kunci : Pengaruh, Memberi Penguatan, Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 04 Sep 2019 06:10
Last Modified: 04 Sep 2019 06:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19120

Actions (login required)

View Item View Item