Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERSEPSI SISWATENTANG PROSES PEMBELAJARAN DENGANKURIKULUM 2013DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 02 MODELPEKANBARU

ARRASYIDIN AKMAL DOMO, 11211100807 (2017) PERSEPSI SISWATENTANG PROSES PEMBELAJARAN DENGANKURIKULUM 2013DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 02 MODELPEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (460kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (824kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Adapun latar belakang penelitian ini adalah berawal dari kebijakan pemerintah yang memerapkan kurikulum 2013 yang terkesan mendesak dan dipaksakan. Serta belum menyeluruhnya pemahaman pihak sekolah dengan pemerintah, beberapa sekolah masih memehami kurikulum KTSP, tapi sekolah yang lain sudah diberikan beban untuk menerapkan kurikulum yang baru. Belum lagi di kurikulum 2013 banyak tuntutan yang harus dipenuhi siswa. Oleh karena itu, siswa sebagai subjek dan objek pembelajaran kurikulum 2013 tentunya diharapkan pemahaman siswa terhadap kurikulum yang baru sangat diperhatikan. Ini karena prose pembelajaran dengan kurikulum merupakan sesuatu yang baru bagi siswa. Kalau pemahaman siswa minim terhadap proses pembelajaran dengan kurikulum 2013 dan bahkan siswa merasa belum siap serta keberatan terhadap proses pembelajarannya, dampaknya tentu kepada hasil belajar. Oleh karena itu, persepsi positif siswa mengenai proses pembelajaran kurikulum 2013 sangat perlu dimunculkan, demi kelancaran dalam proses pembelajaran kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana persepsi siswa tentang proses pembelajaran dengan kurikulum 2013 dan apa saja faktor yang mempengaruhinya. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah Siswa MAN 02 Model Pekanbaru yang berjumlah 777 orang dan karena jumlah yang banyak maka diambil sampel 156 siswa, sedangkan objeknya adalah persepsi siswa tentang proses pembelajaran dengan kurikulum 2013 di MAN 02 Model Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian Deskriptif, menggunakan teknik pengumpulan data melalui angket dan wawancara. Kesimpulan penelitian ini adalah persepsi siswa tentang proses pembelajaran dengan kurikulum 2013 di MAN 02 Model Pekanbaru di kategorikan “Positif”, dengan persentase 73,01%. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi guru terhadap kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Negeri 02 Model Pekanbaru adalah sebagai berikut: 1. Faktor Internal, yaitu faktor yang berasal dari dalam diri guru itu sendiri. Yang dimaksud faktor tersebut adalah pemahaman siswa tentang proses pembelajaran dengan kurikulum 2013. 2. Faktor Eksternal, yaitu faktor yang berasal dari luar individu guru tersebut. Faktor-faktor ini meliputi fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh MAN 02 Model Pekanbaru dalam menunjang pemahaman siswa tentang proses pembelajaran dengan kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 03 Sep 2019 07:56
Last Modified: 03 Sep 2019 07:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19069

Actions (login required)

View Item View Item