Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN METODE AGEN MATA-MATA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 021 TARAI BANGUN KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

NOLA ANGGELINA, 11318205985 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN METODE AGEN MATA-MATA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 021 TARAI BANGUN KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (464kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan metode agen mata-mata terhadap minat belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah pengaruh penggunaan metode agen mata-mata terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas III Sekolah Dasar Negeri 021Tarai Bangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar?.” Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dan peneliti hanya sebagai observer dalam proses pembelajaran. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 021 Tarai Bangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar yang terdiri dari 4 kelas dan berjumlah 121 siswa. Hasil uji homogenitas populasi menunjukkan kedua kelas memiliki kemampuan yang tidak jauh berbeda atau kemampuan dasar yang sama (homogen). Sampel dalam penelitian ini siswa kelas III C sebagai kelas eksperimen jumlah sampel 30 siswa dan III D sebagai kelas kontrol jumlah sampel 30 siswa. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes.Analisis data yang digunakanya itu dengan test “t”. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari nilai pretest dan dianalisis, data tes yang diuji normalitasnya dengan uji Liliefors menunjukkan Fhitung < Ftabel maka dapat dikatakan bahwa data berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Setelah data normal dan homogen maka dilanjutkan analisis data dengan menggunakan tes ”t”. Diperoleh nilai t0 = 7,1565 berarti bahwa t0 lebih besar dari tt pada taraf signifikan 5% maupun taraf signifikan 1% dengan df=38. Dengan df diperoleh dari tt pada taraf signifikan 5% dan 1% sebesar 2,02 dan 2,71. Ini berarti t0> tt , maka diputuskan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode agen mata-mata terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di kelas III Sekolah Dasar Negeri 021Tarai Bangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar”

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 03 Sep 2019 07:31
Last Modified: 03 Sep 2019 07:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19056

Actions (login required)

View Item View Item