ROMI KATINI (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DILENGKAPI HANDOUT TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN ALAM SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017875PK.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017875PK.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017875PK.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017875PK.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017875PK.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017875PK.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017875PK.pdf Download (697kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017875PK.pdf Download (574kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017875PK.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017875PK.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017875PK.pdf Download (265kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperiment dengan rancangan pretest dan posttest yang dilakukan terhadap dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa kelas XI IPA di SMAN 2 Tambang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dilengkapi handout terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas XI IPA di SMAN 2 Tambang pada materi hidrolisis garam. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas XI IPA yang mempunyai tingkat homogenitas yang hampir sama. Kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol, dimana pengambilan sampel ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini melalui wawancara, tes data awal yaitu uji homogenitas dan tes data akhir yaitu pretest dan posttest, serta dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 88,103 sedangkan kelas kontrol adalah 75,83. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan uji tes “t”, maka diperoleh nilai thitung = 4,56 dan ttabel = 2,00 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung > ttabel, sehingga Ho ditolak, dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dilengkapi handout terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas XI IPA di SMAN 2 Tambang pada materi hidrolisis garam, dengan koefisien pengaruh (Kp)sebesar 26,729%. Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Handout, Prestasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 03 Sep 2019 07:01 |
Last Modified: | 03 Sep 2019 07:01 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19032 |
Actions (login required)
View Item |