ALMUGHNIYU MAULANI (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA KOTAK DAN KARTU MISTERIUS (KOKAMI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 TAPUNG HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017867PK.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017867PK.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017867PK.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017867PK.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017867PK.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017867PK.pdf Download (625kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017867PK.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017867PK.pdf Download (628kB) | Preview |
|
![]() |
Text
9. BAB IV_2017867PK.pdf Restricted to Repository staff only Download (873kB) |
|
|
Text
10. BAB V_2017867PK.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017867PK.pdf Download (275kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan rancangan pretest dan posttest. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL ) menggunakan media kotak dan kartu misterius (KOKAMI )terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia kelas X SMA Negeri 2 Tapung Hilir pada materi hidrokarbon. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas X yang mempunyai tingkat homogenitas yang sama. Kelas X3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X1 sebagai kelas kontrol, dimana pengambilan sampel ini menggunakan teknik simple random sampling. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini melalui observasi, tes data awal yaitu uji homogenitas dan tes data akhir yaitu pretest dan posttest, serta dokumentasi yang digunakan untuk memperkuat data yang diperoleh. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 85,31 sedangkan kelas kontrol adalah 76,06. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan uji test “t”, maka diperoleh nilai thitung = 3,409 dan ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,00. Nilai thitung > ttabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL ) menggunakan media kotak dan kartu misterius (KOKAMI ) terhadap hasil belajar siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tapung Hilir, dengan pengaruh (Kp ) sebesar 15,57%. Kata Kunci : Problem Based Learning, Kotak Dan Kartu Misterius, Hasil Belajar, Hidrokarbon.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 08:36 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 08:36 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18943 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |