Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMANFAATAN WAKTU BELAJAR DI LUAR JAM PELAJARAN EFEKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH MASMUR PEKANBARU

NUR ‘AISYAH (2017) PENGARUH PEMANFAATAN WAKTU BELAJAR DI LUAR JAM PELAJARAN EFEKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH MASMUR PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017858PAI.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017858PAI.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017858PAI.pdf

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017858PAI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017858PAI.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017858PAI.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017858PAI.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017858PAI.pdf

Download (532kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017858PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (910kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017858PAI.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017858PAI.pdf

Download (256kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Pemanfaatan waktu belajar baik namun hasil belajar siswa masih rendah, adapun gejala-gejala yang ditemui dilapangan adalah (1). Masih ada sebagian siswa yang hasil belajarnya tidak mencapai KKM, (2). Masih ada sebagian siswa yang tidak dapat menjawab dengan benar pertanyaan yang diberikan oleh guru pada waktu jam pembelajaran awal (jam pelajaran efektif), (3). Sebagian siswa tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru tepat pada waktunya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh yang signifikan pemanfaatan waktu belajar di luar jam pelajaran efektif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Masmur Pekanbaru.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemanfaatan waktu belajar di luar jam pelajaran efektif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Masmur Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Masmur Pekanbaru, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Pemanfaatan Waktu Belajar di Luar Jam Pelajaran Efektif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Masmur Pekanbaru. Teknik pengumpulan data penulis menggunakan obeservasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisa data penulis menggunakan korelasi serial.Dari hasil analisis data dengan menggunakan teknik korelasi serial dapat diketahui bahwa ada pengaruh pemanfaatan waktu belajar di luar jam pelajaran efektif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Masmur Pekanbaru. Dengan rumus df = N-2 diperoleh df sebesar 79 untuk subjek penelitian 81 orang (81-2). Hal ini terbukti dari hasil rhitung= 0,281 jauh lebih besar dari rtabel pada taraf signifikan 5% = 0,232 maupun pada taraf signifikan 1% = 0,302. Dengan demikian Ha (hipotesa alternatif) diterima dan Ho (hipotesa nihil) ditolak. Secara sederhana dapat kita berikan interpretasi terhadap rch = 0,357 terletak antara 0,200-0,400 yang berarti terdapat korelasi antara pemanfaatan waktu belajar di luar jam pelajaran efektif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Masmur Pekanbaru. Kata Kunci: Pengaruh, Pemanfaatan Waktu, Belajar di Luar Jam Pelajaran Efektif, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 02 Sep 2019 08:12
Last Modified: 02 Sep 2019 08:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18913

Actions (login required)

View Item View Item