LUKMANUL HAKIM (2018) STARATEGI PEMASARAN PT. ASURANSI JIWA BUMIPUTERA SYARIAH KANTOR PELAYANAN PEMASARAN AGENCY PEKANBARU DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER__2018641EI.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN__2018641EI.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK__2018641EI.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR__2018641EI.pdf Download (424kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI__2018641EI.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I__2018641EI.pdf Download (570kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II__2018641EI.pdf Download (409kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III__2018641EI.pdf Download (767kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV__2018641EI.pdf Restricted to Repository staff only Download (733kB) |
||
|
Text
10. BAB V__2018641EI.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA__2018641EI.pdf Download (186kB) | Preview |
Abstract
Judul skripsi ini, “Strategi Pemasaran PT. Asuransi Jiwa Bumiputera Syariah Kantor Pelayanan Pemasaran Agency Pekanbaru Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Menurut Ekonomi Islam”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pertumbuhan jumlah nasabah PT. Asuransi Jiwa Bumiputera Syariah KPPA Pekanbaru yang terus mengalami penurunan, sehingga jumlah nasabah tidak sesuai dengan target perusahaan. Hal ini dikarenakan sistem promosi yang dilakukan para agency/tenaga pemasar masih kurang maksimal dalam memasarkan produknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran PT. Asuransi Jiwa Bumiputera Syariah KPPA Pekanbaru dalam meningkatkan jumlah nasabah, dan untuk mengetahui strategi pemasaran PT. Asuransi Jiwa Bumiputera Syariah KPPA Pekanbaru dalam meningkatkan jumlah nasabah menurut Ekonomi Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang berlokasi di Jalan Jendral Sudirman No. 337 Kota Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 15 orang, dari populasi yang ada maka penulis menjadikan seluruh populasi sebagai sampel dengan menggunakan teknik total sampling. Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah strategi pemasaran yang dilakukan PT. Asuransi Jiwa Bumiputera Syariah KPPA Pekanbaru dengan menentukan segmentasi pasar, targeting, dan postioning perusahaan, selanjutnya melakukan bauran pemasaran (marketing mix), yakni strategi produk dengan memprioritaskan produk yang dibutuhkan oleh pangsa pasarnya, strategi harga dengan menetapkan harga yang terjangkau, strategi lokasi dengan memilih lokasi di pusat perkotaan yang merupakan pusat bisnis, dan strategi promosi melalui penjualan pribadi dan periklanan. Kemudian perusahaan dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bagi perusahaan, dari hasil analisis tersebut direkomendasikan untuk menggunakan strategi SO, ST, WO, atau WT. Adapun tinjauan ekonomi Islam terhadap strategi pemasaran, bauran pemasaran, dan analisis SWOT yang dilakukan oleh PT. Asuransi Jiwa Bumiputera Syariah KPPA Pekanbaru telah sesuia dengan prinsip ekonomi Islam. Namun, promosi yang dilakukan belum sesuai dengan ekonomi Islam, karena sebagian agency/tenaga pemasar tidak jujur, dan tidak transparansi. Oleh karena itu, PT. Asuransi Jiwa Bumiputera Syariah KPPA Pekanbaru dalam melakukan pemasaran atau promosi harus lebih mengepandankan norma-norma yang sesuai dengan prinsip ekonomi Islam. Kata kunci: Strategi pemasaran, meningkatkan jumlah nasabah, tinjauan ekonomi Islam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Mrs Rina Amelia - |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 08:04 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 08:04 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18904 |
Actions (login required)
View Item |