NURHASYIMAH (2017) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN TEKNIK PERMAINAN (GAMES) DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 RETEH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017798KI.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017798KI.pdf Download (498kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017798KI.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN _2017798KI.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017798KI.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017798KI.pdf Download (626kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017798KI.pdf Download (508kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017798KI.pdf Download (662kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017798KI.pdf Restricted to Repository staff only Download (596kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017798KI.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017798KI.pdf Download (309kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) keadaan komunikasi interpersonal siswa, dan (2) efektifitas penggunaan teknik permainan (games) dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan komunikasi interpersonal di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Reteh. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen one grup pretest posttest. Subjek pada penelitian ini adalah siswa dan guru BK. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah efektifitas penggunaan teknik permainan (games) dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Jumlah populasi sebanyak 283 orang siswa, sedangkan sampelnya sebanyak 10 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik porposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan skala Likert. Adapun untuk analisis data, penulis menggunakan uji wilconxon test dengan bantuan komputerisasi IBM SPSS 21 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal siswa sebelum diberikan perlakuan secara rata-rata berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 92,2 dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik permaian (games) mengalami peningkatan berada pada kategori sangat tinggi dengan rata-rata 99,5, maka dapat dikatakan adanya perbedaan pre-test dan posttest. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik permainan (games) dalam bimbingan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa yang dilihat dari hasil nilai asymp sig = 0,017 < a = 0,05 yang berarti Ho di tolak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 04:12 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 04:12 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18769 |
Actions (login required)
View Item |