Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

DWI NANDIRI MASI (2017) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017794PMT.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017794PMT.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017794PMT.pdf

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017794PMT.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017794PMT.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017794PMT.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017794PMT.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017794PMT.pdf

Download (660kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017794PMT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017794PMT.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017794PMT.pdf

Download (262kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Problem Posing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah pada siswa SMP Negeri 1 Sungai Lala. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen untuk mengetahui hubungan sebab akibat dengan cara memberikan perlakuan pada salah satu kelas dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas lainnya yang diberikan perlakuan berbeda. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C dan VIII D SMP Negeri 1 Sungai Lala dan objek penelitian ini adalah pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran Problem Posing terhadap kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil analis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1)Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Problem Posing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung, 2)Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Problem Posing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari motivasi belajar tinggi, 3)Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Problem Posing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari motivasi belajar sedang, 4)Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Problem Posing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari motivasi belajar rendah. Dengan demikian secara umum pendekatan pembelajaran Problem Posing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis yang ditinjau dari motivasi belajar matematis siswa SMP Negeri 1 Sungai Lala. Kata kunci : Problem Posing, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 30 Aug 2019 02:36
Last Modified: 30 Aug 2019 02:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18693

Actions (login required)

View Item View Item