Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN UKM KERUPUK BANDUNG NINEUNG MENGGUNAKAN METODE BENCHMARKING DAN TOPSIS

SELVIA NOVITA SARI (2017) PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN UKM KERUPUK BANDUNG NINEUNG MENGGUNAKAN METODE BENCHMARKING DAN TOPSIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB VI.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Usaha Kecil Menengah (UKM)Kerupuk Bandung Nineung merupakan industri yang membuat produk Kerupuk. Permasalahan yang dihadapi oleh Kerupuk Bandung Nineung adalah menurunnya jumlah pendapatan dan terus meningkatnya biaya produksi kerupuk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keunggulan pesaing dengan metode Benchmarkingdan menentukan strategi terpilih dengan metodeTechnique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution(TOPSIS). Berdasarkan metode Benchmarking terdapat empat keunggulan pesaing yaitu dimensi produk, dimensi lokasi, dimensi pelayanan dan dimensi proses.Pemilihan strategi pemasaran dilakukan dengan Ratting Scalejawaban konsumen dan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution(TOPSIS). Hasil pengolahan data dari Ratting Scaledimensi yang menduduki skor tertinggi adalah dimensi produkdengan nilai 308,9, dimensi lokasi dengan nilai 307,5dimensi pelayanan dengan nilai 300dan dimensi prosesdengan nilai 290. Strategi pemasaran terpilih dari hasil pengolahan metode TOPSIS adalahalternatif 1yaitu dimensiprodukdengan nilai 0,786dimana perusahaan berusaha untuk berbedadengan perusahaan lainnya didalam industri yang sama, perbedaan bisa pada produk yaitu dengan melakukan pengembangan atau diversifikasi produk seperti menciptakan variasi rasa, warna, aroma kerupuk yang tidak menyengat, kerupuk tidak mengandung banyak minyak, serta pencantuman komposisi produk dan memberikan labelhalal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).Kata Kunci:Benchmarking,Strategi Pemasaran, TOPSIS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: Ms. Nilam Badriyah
Date Deposited: 30 Aug 2019 02:00
Last Modified: 30 Aug 2019 02:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18646

Actions (login required)

View Item View Item