FEDRI (2017) PENERAPAN MODEL CONCEPT CENTENCE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH AL-IKHWAN KELURAHAN KULIM KECAMATAN TENAYAN RAYA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017779PGMI.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017779PGMI.pdf Download (602kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017779PGMI.pdf Download (536kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017779PGMI.pdf Download (449kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017779PGMI.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Other
6. BAB I_2017779PGMI.PDF Download (520kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017779PGMI.pdf Download (392kB) | Preview |
|
Text
8. BAB III_2017779PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (630kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017779PGMI.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017779PGMI.pdf Download (335kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui model concept centence di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa diantaranya, siswa kurang menyimak materi pembelajaran, siswa kurang aktif ketika terjadi kegiatan kelompok, selain itu juga siswa kurang mau bertanya dan menjawab pertanyaan ketika proses pembelajaran. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan model concept centence dan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus terdiri dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diketahui bahwa model concept centence dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase sebelum tindakan aktivitas belajar siswa hannya mencapai 38,54%. Kemudian setelah menerapkan model concept centence pada siklus I yaitu 69,33%. Pada siklus II yaitu 91,92%. Dengan demikian bahwa model concept centence dapat meningkatkan aktivitas belajar khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Kata Kunci: Aktivitas Belajar Siswa, Ilmu Pengetahuan Sosial, Model Concept Centence
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 28 Aug 2019 08:57 |
Last Modified: | 28 Aug 2019 08:57 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18643 |
Actions (login required)
View Item |