KURNIATI WAHYUNI (2017) PENERAPAN STRATEGI BILLBOARD RANKING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 006 PASIR SIALANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017751PGMI.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017751PGMI.pdf Download (536kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017751PGMI.pdf Download (522kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017751PGMI.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017751PGMI.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017751PGMI.pdf Download (489kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017751PGMI.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017751PGMI.pdf Download (507kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017751PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017751PGMI.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017751PGMI.pdf Download (339kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa melalui penerapan strategi Billboard Ranking pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Pasir Sialang Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Diantaranya hanya 40,9% yang mengerjakan tugas, dan 36,3% yang memperhatikan guru yang sedang menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi Billboard Ranking dan motivasi belajar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan, dengan tahapan, yaitu: perencanaan/persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data guru dan siswa dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa, strategi Billboard Ranking dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan motivasi belajar siswa hanya mencapai 35,6%. Setelah tindakan pada siklus I motivasi belajar siswa meningkat mencapai 54,5%. Dan pada siklus II motivasi belajar siswa meningkat mencapai 83,9%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Billboard Ranking dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Pasir Sialang Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Strategi Billboard Ranking, Motivasi Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 28 Aug 2019 07:41 |
Last Modified: | 28 Aug 2019 07:41 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18577 |
Actions (login required)
View Item |