TAUFIK HIDAYAT (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XII E MADRASAH ALIYAH HIMMATUL UMMAH KEC. TAPUNG KAB. KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017749PAI.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017749PAI.pdf Download (463kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017749PAI.pdf Download (552kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017749PAI.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTTAR ISI_2017749PAI.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017749PAI.pdf Download (646kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017749PAI.pdf Download (821kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017749PAI.pdf Download (437kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017749PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017749PAI.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017749PAI.pdf Download (257kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya motivasi siswa dalam belajar, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Apakah dengan menggunakan model pembelajaran generatif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah kebudayaan Islam Tapung. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas XII E MA. Himamatul Ummah Tapung dengan jumlah siswa sebayak 30 orang, dan objek dalam penelitian ini adalah mengunakan model pembelajaran generatif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, karena jumlah populasi 30 orang maka populasi menjadi sampel. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Kelas XII E MA. Himamatul Ummah Tapung tahun pelajaran 2014-2015 yang akan dilakukan pada bulan November 2014. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, dan untuk teknik analisis data dalam penelitian ini berupa aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dibahas pada bab IV sebagaimana yang telah diuraikan di atas bahwa sebelum dilakukan tindakan diperoleh rata-rata 50% berada pada interval 40% – 55% tergolong “kurang baik”, sedangkan setelah dilakukan tindakan perbaikan maka peningkatan pada siklus I diperoleh hasil dengan rata-rata 63% yang berada pada hitungan interval 56% - 75% tergolong “cukup baik”, sedagkan pertemuan II diperoleh dengan rata-rata 73% yang berada pada interval 76% - 100% tergolong “baik” dan pelaksanaan tindakan pada siklus II pertemuan I diperoleh hasil dengan rata-rata 82% berada pada interval 76% – 100% tergolong “baik”, dan pada pertemuan II diperoleh hasil rata-rata 92% pada interval 76% - 100% tergolong “baik”. Dari hasil nilai yang dilakukan peneliti pada setiap siklusi, bahwa motivasi siswa meningkat. Dengan demikian maka “Penerapan Model Pembelajaran Generatif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa kelas XII E MA. Himmatul Ummah Tapung” dapat meningkatkan hasil motivasi siswa dengan nilai yang memuaskan. Kata kunci: Pembelajaran generatif, motivasi belajar, Sejarah Kebudayaan Islam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 28 Aug 2019 07:32 |
Last Modified: | 28 Aug 2019 07:32 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18573 |
Actions (login required)
View Item |