Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XII E MADRASAH ALIYAH HIMMATUL UMMAH KEC. TAPUNG KAB. KAMPAR

TAUFIK HIDAYAT (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XII E MADRASAH ALIYAH HIMMATUL UMMAH KEC. TAPUNG KAB. KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017749PAI.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017749PAI.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017749PAI.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017749PAI.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTTAR ISI_2017749PAI.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017749PAI.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017749PAI.pdf

Download (821kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017749PAI.pdf

Download (437kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017749PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017749PAI.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017749PAI.pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya motivasi siswa dalam belajar, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Apakah dengan menggunakan model pembelajaran generatif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah kebudayaan Islam Tapung. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas XII E MA. Himamatul Ummah Tapung dengan jumlah siswa sebayak 30 orang, dan objek dalam penelitian ini adalah mengunakan model pembelajaran generatif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, karena jumlah populasi 30 orang maka populasi menjadi sampel. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Kelas XII E MA. Himamatul Ummah Tapung tahun pelajaran 2014-2015 yang akan dilakukan pada bulan November 2014. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, dan untuk teknik analisis data dalam penelitian ini berupa aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dibahas pada bab IV sebagaimana yang telah diuraikan di atas bahwa sebelum dilakukan tindakan diperoleh rata-rata 50% berada pada interval 40% – 55% tergolong “kurang baik”, sedangkan setelah dilakukan tindakan perbaikan maka peningkatan pada siklus I diperoleh hasil dengan rata-rata 63% yang berada pada hitungan interval 56% - 75% tergolong “cukup baik”, sedagkan pertemuan II diperoleh dengan rata-rata 73% yang berada pada interval 76% - 100% tergolong “baik” dan pelaksanaan tindakan pada siklus II pertemuan I diperoleh hasil dengan rata-rata 82% berada pada interval 76% – 100% tergolong “baik”, dan pada pertemuan II diperoleh hasil rata-rata 92% pada interval 76% - 100% tergolong “baik”. Dari hasil nilai yang dilakukan peneliti pada setiap siklusi, bahwa motivasi siswa meningkat. Dengan demikian maka “Penerapan Model Pembelajaran Generatif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa kelas XII E MA. Himmatul Ummah Tapung” dapat meningkatkan hasil motivasi siswa dengan nilai yang memuaskan. Kata kunci: Pembelajaran generatif, motivasi belajar, Sejarah Kebudayaan Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 28 Aug 2019 07:32
Last Modified: 28 Aug 2019 07:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18573

Actions (login required)

View Item View Item