ZALMIDAR (2017) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CATATAN AKHIR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 008 RUMBIO KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017745PGMI.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017745PGMI.pdf Download (634kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017745PGMI.pdf Download (385kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017745PGMI.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017745PGMI.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017745PGMI.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017745PGMI.pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017745PGMI.pdf Download (479kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017745PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017745PGMI.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017745PGMI.pdf Download (257kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Rumbio Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai Nilai KKM yang telah ditetapkan sekolah, yaitu 75. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Catatan Akhir dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan. Adapun pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data dapat diketahui bahwa penerapan stratgi pembelajaran aktif tipe catatan akhir dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini dapat di lihat sebelum tindakan hasil belajar siswa hanya mencapai 45%(Kurang). Kemudian setelah menerapkan stratgi pembelajaran aktif tipe catatan akhir pada siklus 1 hasil belajar siswa mencapai 65%(Cukup). Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 90%(Amat Baik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Strategi Pembeajaran Aktif Tipe Catatan Akhir dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Rumbio Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Aktif, Tipe Catatan Akhir, Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 28 Aug 2019 07:24 |
Last Modified: | 28 Aug 2019 07:24 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18563 |
Actions (login required)
View Item |