Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CATATAN AKHIR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 008 RUMBIO KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

ZALMIDAR (2017) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CATATAN AKHIR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 008 RUMBIO KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017745PGMI.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017745PGMI.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017745PGMI.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017745PGMI.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017745PGMI.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017745PGMI.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017745PGMI.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017745PGMI.pdf

Download (479kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017745PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017745PGMI.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017745PGMI.pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Rumbio Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai Nilai KKM yang telah ditetapkan sekolah, yaitu 75. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Catatan Akhir dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan. Adapun pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data dapat diketahui bahwa penerapan stratgi pembelajaran aktif tipe catatan akhir dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini dapat di lihat sebelum tindakan hasil belajar siswa hanya mencapai 45%(Kurang). Kemudian setelah menerapkan stratgi pembelajaran aktif tipe catatan akhir pada siklus 1 hasil belajar siswa mencapai 65%(Cukup). Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 90%(Amat Baik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Strategi Pembeajaran Aktif Tipe Catatan Akhir dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Rumbio Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Aktif, Tipe Catatan Akhir, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 28 Aug 2019 07:24
Last Modified: 28 Aug 2019 07:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18563

Actions (login required)

View Item View Item