Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 PEKANBARU

RUSDI HAFIZ (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017732PMT.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017732PMT.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017732PMT.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017732PMT.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017732PMT.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017732PMT.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017732PMT.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017732PMT.pdf

Download (452kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017732PMT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (729kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017732PMT.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017732PMT.pdf

Download (300kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak perbedaan antara hasil belajar matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran secara konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada perbedaan hasil belajar matematika siswa antara siswa yang mengikuti penerapan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition dan siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional di SMAN Negeri 3 Pekanbaru”. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X4 SMA Negeri 3 Pekanbaru yang berjumlah 34 orang dan objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas X4. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition, satu pertemuan pengulangan semua materi dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut, digunakan rumus tes-t untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition dengan siswa yang belajar secara konvensional. Hal ini dibuktikan uji tes ”t”, dengan dk = 68 pada taraf signifikan 5% di peroleh sebesar 2,00 dan sebesar yang berarti lebih besar dari , yaitu > 2,00. Sebesar 6,742 % pengaruh yang diberikan oleh penerapan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition terhadap hasil belajar matematika siswa dan 93,258 % dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 28 Aug 2019 06:29
Last Modified: 28 Aug 2019 06:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18543

Actions (login required)

View Item View Item