NAZILATUL WAHIDAH (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KREATIF-PRODUKTIF UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017822PMT.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017822PMT.pdf Download (438kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017822PMT.pdf Download (440kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017822PMT.pdf Download (508kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017822PMT.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017822PMT.pdf Download (488kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017822PMT.pdf Download (522kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017822PMT.pdf Download (762kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017822PMT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017822PMT.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017822PMT.pdf Download (455kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya pemahaman konsep matematis siswa dan minimnya penggunaan lembar kerja siswa saat proses pembelajaran. Sebagai alternatif dari permasalahan tersebut dilakukan penelitian dengan mengembangkan Lembar Kerja Siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe kreatif-Produktif dalam pembalajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan LKS matematika model Kreatif-Produktif yang valid dan praktis dalam memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Pekanbaru. Subjek penelitian adalah 40 siswa kelas VIII.1 dan objek penelitian adalah LKS matematika model Kreatif-Produktif. Jenis data yang diambil dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa angket uji validitas, angket uji praktikalitas, dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. LKS hasil pengembangan telah teruji dengan tingkat kevalidan 83,6% (sangat valid) dan tingkat kepraktisan 89,7% (sangat praktis). LKS model KreatifProduktif telah berhasil dalam memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berada pada kriteria tinggi dengan persentase 92%. Berdasarkan hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa LKS model kreatifproduktif yang dikembangkan valid dan praktis dalam memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: LKS, Kreatif-Produktif, Pemahaman Konsep.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 27 Aug 2019 03:20 |
Last Modified: | 27 Aug 2019 03:20 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18371 |
Actions (login required)
View Item |