VIVIN GUSTINA, 11218202657 (2017) PENERAPAN METODE PERMAINAN MEMILIH BENDA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AZIZIYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
1. COVER.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (496kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (449kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (754kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (324kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui metode permainan memilih benda di kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Aziziyyah Pekanbaru. Yang dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Rumusan maslah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode permainan memilih benda dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Aziziyyah Pekanbaru. Penelitian ini merupakanpenelitian tindakan kelas (PTK), sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVB Sekolah Dasar Islam Terpadu Aziziyyah Pekanbaru tahun ajaran 2015-2016 dengan jumlah siswa sebanyak 19 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode permainan memilih benda untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Aziziyyah Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa sebelum tindakan motivasi belajar siswa diperoleh rata-rata 44,74% berada pada rentang 40% - 55% dengan kategori “Kurang Baik”. Pada siklus I motivasi belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 48,69% berada pada rentang 40% - 55% dengan kategori “Kurang Baik”. Sedangkan pada siklus II motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA juga meningkat dengan rata-rata 82,24% berada pada rentang 76% - 100% dengan kategori “Baik”
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 27 Aug 2019 03:16 |
Last Modified: | 27 Aug 2019 03:16 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18367 |
Actions (login required)
View Item |