PENGARUH DISIPLIN GURU TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH HASANAH PEKANBARU

AKHMAD FAUZAN, 11211100630 (2017) PENGARUH DISIPLIN GURU TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH HASANAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (385kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu disiplin guru (variabel X) dan kedisiplinan belajar siswa (variabel Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh disiplin guru terhadap kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru, dengan rumusan masalah apakah ada pengaruh yang signifikan disiplin guru terhadap kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru? Subjek penelitian ini adalah Siswa di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru. Sedangkan objek penelitian adalah pengaruh disiplin guru terhadap kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru. Untuk populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 37 orang, sedangkan untuk sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 37 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi product moment. Dari hasil analisis statistic dengan menggunakan teknik korelasi product moment dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan disiplin guru terhadap kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru dengan perolehan angka indeks 0,887 lebih besar dari “r” table baik pada taraf signifikan 5% = 0,325 maupun pada taraf signifikan 1% =N 0,418. Dengan demikian maka Ha (hipotesa alternatif) diterima dan H0 (hipotesa nihil) ditolak. Jadi, ada pengaruh yang signifikan disiplin guru terhadap kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru. Artinya semakin baik disiplin guru maka semakin tinggi kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru dan sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 27 Aug 2019 02:44
Last Modified: 27 Aug 2019 02:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18332

Actions (login required)

View Item View Item